NASIONAL

Whoosh Mulai Beroperasi, Luhut: Gratis Hingga Pertengahan Bulan

"Kami bersepakat hingga pertengahan Oktober, bapak presiden, pengoperasian kereta api cepat Jakarta Bandung masih tidak dikenakan biaya atau gratis,"

AUTHOR / Astri Yuanasari

Whoost, kereta cepat Jakarta-Bandung,  Senin (021023). (Setpres)
Whoost, kereta cepat Jakarta-Bandung, Senin (021023). (Setpres)

KBR, Jakarta- Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh masih gratis hingga pertengahan Oktober 2023. Hal ini disampaikan Luhut saat peresmian KCJB Whoosh oleh Presiden Jokowi di Stasiun Kereta Cepat Halim, Senin (2/10).

"Tentunya semua berjalan dengan aman dan nyaman, berkat keandalan sistem yang telah teruji. Berkat tingginya rasa penasaran masyarakat terhadap uji coba gratis KCJB, maka kami bersepakat hingga pertengahan Oktober, bapak presiden, pengoperasian kereta api cepat Jakarta Bandung masih tidak dikenakan biaya atau gratis," kata Luhut, Senin (2/10/2023).

Luhut berharap, KCJB Whoosh ini dapat mendorong masyarakat agar lebih menggunakan transportasi umum untuk mengurangi angka emisi karbon dari sektor kendaraan pribadi.

Ia menyebut, proyek KCJB ini juga memberikan manfaat bagi bangsa, mulai dari terciptanya lapangan kerja baru terutama bagi masyarakat lokal.

"Menghadirkan multiplier effect terhadap moda transportasi lainnya atau kendaraan feeder, menciptakan pertumbuhan ekonomi di wilayah yang dilintasi oleh jalur kereta api cepat, serta terjadinya teknologi transfer yang mutakhir, terutama di bidang konstruksi dan modernisasi sistem perkeretaapian," imbuhnya.

Baca juga:

red

Presiden Jokowi meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh di Stasiun Halim, Jakarta, Senin (02/10/23). (Antara/Akbar Nugroho)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh, di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10). Whoosh adalah kereta cepat pertama di Indonesia dan juga pertama di Asia Tenggara, dengan kecepatan mencapai 350 km/jam.

Dalam peresmian dihadiri Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan sejumlah pejabat lain.

Dikutip dari situs KCIC, kereta Whoosh memiliki tiga kelas pelayanan. Total kapasitas mencapai 601 penumpang dengan ruang khusus untuk difabel.

Satu rangkaian kereta Whoosh terdiri dari delapan kereta dengan panjang 208 meter. Kelas pelayanan first class ada di kereta 1 & 8, business class di kereta 7, dan sisanya adalah premium ekonomi.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!