NASIONAL

Jokowi Resmikan Kereta Cepat, Whoosh Mulai Beroperasi

"Kereta Cepat Jakarta Bandung ini menandai modernisasi transportasi massal kita yang efisien, ramah lingkungan, dan terintegrasi"

AUTHOR / Resky Novianto

Presiden Jokowi meresmikan kereta cepat Whoosh
Presiden Jokowi usai meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh di Stasiun Halim, Jakarta, Senin (02/10/23). (Antara/Akbar Nugroho)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), bernama Whoosh. Peresmian dilakukan Jokowi di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur, pagi tadi.

Jokowi mengenakan batik cokelat dengan didampingi Ibu Negara. Dengan peresmian tersebut, kini KCJB Whoosh sudah bisa dioperasionalkan secara umum.

"Kereta Cepat Jakarta Bandung ini menandai modernisasi transportasi massal kita yang efisien, ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan moda transportasi lain maupun terintegrasi dengan TOD transit oriented development, dan proyek kereta cepat ini merupakan hal baru bagi kita. MRT juga hal baru bagi kita, LRT juga baru hal baru bagi kita, kereta cepat juga hal baru bagi kita," kata Jokowi dalam Peresmian KCJB di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur, Senin (02/10/23).

Jokowi mengatakan, KCJB mengadopsi teknologi terbaru, baik dari sisi kecepatan, konstruksi, hingga model pembiayaannya. Dia mengajak semua pihak agar tidak takut belajar dan mencoba hal-hal yang baru.

Baca juga:

red

Presiden Jokowi meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh di Stasiun Halim, Jakarta, Senin (02/10/23). (Antara/Akbar Nugroho)

Jokowi menambahkan, nama Whoosh diambil dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini dan singkatan dari waktu hemat operasi optimal sistem hebat. Ia mengeklaim kecepatan maksimal kereta bisa mencapai 350 kilometer per jam.

Dalam peresmian dihadiri Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan sejumlah pejabat lain.

Dikutip dari situs KCIC, kereta Whoosh memiliki tiga kelas pelayanan. Total kapasitas mencapai 601 penumpang dengan ruang khusus untuk difabel.

Satu rangkaian kereta Whoosh terdiri dari delapan kereta dengan panjang 208 meter. Kelas pelayanan first class ada di kereta 1 & 8, business class di kereta 7, dan sisanya adalah premium ekonomi.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!