NASIONAL

Uji Coba Makan Siang Gratis, Gibran Ajak Swasta Terlibat

"Kami semua terbuka. Sangat senang sekali kalau pihak swasta terlibat."

AUTHOR / Yudha Satriawan

EDITOR / Rony Sitanggang

Uji coba makan siang gratis
Wapres terpilih Gibran Rakabuming saat mengecek makan siang gratis di SD negeri Tugu Solo, Jumat (26/7/2024). (KBR/Yudha satriawan)

KBR, Jakarta-  Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming mengecek uji coba makan siang gratis bergizi bagi siswa di sejumlah SD negeri di Solo. Didampingi Wali kota Solo Teguh Prakosa, Gibran melihat langsung menu makanan dan respon siswa, wali murid atau guru sekolah. 

Gibran mengatakan ujicoba makan siang bergizi gratis ini menggunakan dana CSR (corporate social responsibility), bukan APBD/ APBN. 

Gibran menegaskan pakar nutrisi anak juga ikut digandeng dalam program ini.

"Hari ini yang kita uji coba kan juga dari CSR. Kesempatan untuk siapapun mensupport program makan siang gratis bergizi pasti akan terbuka. Ini bisa membantu APBN kita. Mereka menyumbang menu tambahan. Susu, daging, telur, silakan. Kami semua terbuka. Sangat senang sekali kalau pihak swasta terlibat. Pakar nutrisi anak juga ada, kami gandeng. Ini terkait nutrisi, gizi, dan food safety-nya", ujar Gibran di SDN Tugu Jebres Solo, Jumat (26/7/2024).

Lebih lanjut Gibran menjelaskan biaya per porsi makanan sekitar Rp 15 ribu. Kata dia, makanan tersebut dipasok   dari UMKM sekitar sekolah.

Menu makanan yang dibagikan antara lain nasi, sayur sawi dan kembang kol, daging ayam, buah pepaya, dan susu kemasan kotak.

Baca juga:

Wapres terpilih Gibran mengungkapkan, uji coba sebelumnya sudah digelar di Sentul, Bogor, Jawa Barat dan Solo, Jawa Tengah. Selanjutnya uji coba akan dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur.


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!