NASIONAL

Pemilu 2024, KPU: Jangan Mendadak Urus Pindah TPS

""Mengurus pindah milih juga harus pulang, meminta surat pengantar dari PPS di tingkat desa/kelurahan atau KPU untuk dibawa ke tujuan,”"

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

Pemilu 2024
Ilustrasi: Kirab sosialisasi Pemilu 2024 di kota Manado, Sulut, Sabtu (11/03/23).(Antara/Adwit B)

KBR, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengingatkan kepada calon pemilih untuk mempersiapkan mengurus pemindahan tempat lokasi pemilihan apabila KTP tak sesuai dengan tempat tinggal saat ini. Menurut Hasyim hal tersebut penting sebab mengurus pindah tempat pemungutan suara (TPS) juga perlu waktu termasuk harus balik ke kampung halaman guna meminta surat keterangan kepada panitia pemungutan suara (PPS).

Hasyim lantas memberi contoh seorang mahasiswa rantau yang tempat tinggalnya saat ini berbeda dengan yang tertera di KTP.

“Hari Rabu 14 Februari 2024 mahasiswa-mahasiswa kita ini di mana? Ada di kampus ini atau sedang liburan pulang kampung? Kalau pulang kampung aman, bisa pilih di kampung halamannya masing-masing. Tapi kalau 14 Februari 2024 ada di kampus ini. Maka pemilih harus mengurus pindah milih, mengurus pindah milih juga harus pulang, meminta surat pengantar dari PPS di tingkat desa/kelurahan atau KPU untuk dibawa ke tujuan,” kata Hasyim pada Seminar Nasional Dies Natalies ke-67 IPDN, Selasa (14/3/2023).

Baca juga:

- PN Jakpus Tunda Pemilu 2024, Perludem: Aneh

- Pakar: Tunda Pemilu Bukan Wewenang Pengadilan Negeri

Hasyim meminta agar calon pemilih tidak mendadak mengurus pemindahan tempat pemungutan suara serta mulai merencanakan akan memilih di tempat tinggal saat ini atau di kampung halaman.

Pemungutan suara Pemilu 2024 akan digelar pada Rabu, 14 Februari 2024. Pemungutan suara dilakukan untuk presiden-wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD Kabupaten/Kota, serta anggota DPD RI.

Sementara untuk pemungutan suara serentak nasional dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota, dilaksanakan pada  Rabu, 27 November 2024.

Editor: Rony Sitanggang

  • pemilu 2024
  • Ketua KPU Hasyim Asyari
  • pindah TPS
  • DPT

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!