NASIONAL

Tol Solo-Yogya, Jokowi: 30 Menit

"Akan mengurangi jalan nasional yang sekarang sudah ada yang sangat ramai yang sangat crowded sekali,"

AUTHOR / Astri Yuanasari

EDITOR / Rony Sitanggang

Peresmian tol Solo-Yogya
Presiden Jokowi saat peresmian Jalan Tol Solo-Yogyakarta Seksi I di Gerbang Tol Banyudono, Boyolali, Jateng, Kamis (19/09/24). (Antara/Aloysius Jarot)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo Seksi I Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km di Gerbang Tol Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (19/9). Jokowi menyebut, dengan adanya jalan tol ini, akan memangkas waktu tempuh dari Solo ke Yogyakarta dan sebaliknya.

Presiden menekankan, tol Solo-Yogya  mempersingkat waktu tempuh yang sebelumnya sering kali terhambat oleh kemacetan parah di jalur utama Solo–Yogyakarta.

Kata dia,  jarak tempuh Solo-Yogyakarta bisa mencapai 6 jam akibat kemacetan.

"Dan mungkin nantinya kalau udah sampai Jogja, hanya memakan waktu kurang lebih 30, 40, atau 50 menit. Karena belum jadi ya kita kan memperkirakan di 30-an menit bisa. atau 40 menit sudah bisa sampai. Sehingga akan mengurangi jalan nasional yang sekarang sudah ada yang sangat ramai yang sangat crowded sekali," kata Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (19/9/2024).

Jokowi mengatakan, proyek ini menghabiskan anggaran sebesar Rp5,6 triliun dan mulai dibangun sejak 2021. Jokowi berharap, keberadaan tol ini bisa meningkatkan pergerakan ekonomi daerah sekitar.

"Dan kita harapkan menjadi pengungkit ekonomi di daerah, kemudian pemicu tumbuhnya pusat-pusat ekonomi baru di sekitar jalan tol," kata Jokowi.

Baca juga:

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Bupati Boyolali M. Said Hidayat, dan Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk., Entus Asnawi Mukhson.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!