NASIONAL

Mengenyahkan Perasaan Hampa

Menyingkirkan Kehampaan

AUTHOR / Theresia Avilla

Mengenyahkan Perasaan Hampa

KBR, Jakarta- Pernahkah kalian merasakan perasaan hampa, kosong hingga tak bersemangat? Tentu, setiap orang mungkin pernah merasakan berbagai emosi, termasuk kehampaan. Psikolog Indah Sundari mengungkapkan, banyaknya emosi di diri seorang bisa menyebabkan kehampaan. 

"Yang jelas memang, kalau kita coba tarik garis lurusnya, hampa itu kayak kita memang berada dalam satu titik atau satu ruang. Di mana kita bingung menentukan, ini saya tuh kenapa ya? Yang saya rasain apa? Yang terjadi sama saya apa? Yang saya mau apa? Nah karena emang campur aduknya itu. Jadi membuat kita nih yang merasakan hampa bingung kita tuh sebenarnya kenapa sih?," ungkap Indah dalam podcast Diskusi Psikologi (Podcast Disko) KBR.

Baca juga:

- Banyak Teman Enggak Tentu Bahagia, Loh!

Tak Sekadar Menghindar Interaksi Sosial

Obsesi Mengejar Kesempurnaan

Psikolog Indah Sundari mengatakan, adanya kemungkinan kehampaan muncul karena kita tidak mengenal diri kita sendiri. Nah menurut Indah, ini dilatari kita belum menyelami diri kita lebih dalam.

"Kenapa kita tidak bisa menyelami diri kita lebih dalam? Bisa jadi kita ngepush diri kita terlalu keras. Kita gak ngasih jeda sama diri kita. Yuk, istirahat dulu yuk bentar. Tanya deh ke dalam diri, capek gak sih? Lagi mood gak sih? Kalau kita tanya ke dalam diri kita sendiri. Itu jadi lebih mudah mengenali diri sendiri," pungkasnya.

Indah juga menjelaskan ada banyak faktor yang bisa membuat seseorang hampa.

Nah untuk menyelami lebih dalam soal perasaan hampa dan bagaimana mengenyahkan perasaan hampa, yuk simak podcast Diskusi Psikologi (Disko) di link berikut ini:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!