NASIONAL

Ketua Komisi Pendidikan DPR Tolak Dana BOS untuk Program Makan Siang Gratis

Ketua Komisi Pendidikan di DPR RI Syaiful Huda menolak usulan dana BOS dijadikan sumber pembiayaan program makan siang gratis.

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

Ketua Komisi Pendidikan DPR Tolak Dana BOS untuk Program Makan Siang Gratis
Siswa membawa tempat makan saat simulasi makan siang gratis di SMPN2 Curug, Tangerang, Banten, Kamis (29/2/2024). (Foto: ANTARA/Sulthony Hasanudin)

KBR, Jakarta – Ketua Komisi X bidang Pendidikan DPR RI, Syaiful Huda mengatakan usulan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dijadikan sumber pembiayaan program makan siang gratis yang digagas calon presiden Prabowo Subianto, perlu ditolak.

Menurut dia, dengan anggaran pendidikan saat ini sebesar 20 persen saja belum cukup menuntaskan ragam masalah pendidikan yang ada.

Apalagi, jika ditambah lagi dengan beban program makan siang gratis, maka anggaran yang mestinya fokus untuk menunjang pendidikan itu bisa terpangkas.

"Dana BOS kita dinaikkan 500 persen saja, belum mencukupi untuk meng-cover kebutuhan dunia pendidikan kita. Terutama di sekolah-sekolah. Karena itu ini tidak tepat dan perlu ditolak menyangkut penggunaan dana BOS untuk makan gratis,” ucap Syaiful kepada KBR, Senin (4/3/2024).

Baca juga:


Dia menambahkan dana BOS yang sekarang saja belum cukup untuk membiayai gaji honorer, apalagi jika digunakan untuk penyediaan makan siang gratis

"Jadi kalau kemudian ada pembebanan lagi menyangkut soal makan siang gratis maka tentu akan semakin mengambil porsi anggaran 20 persen untuk sepenuhnya fungsi pendidikan," tuturnya.

Dana BOS setiap tahun hanya berkisar Rp51 triliun untuk dana BOS regular, BOS afirmasi, dan BOS PAUD. Sedangkan anggaran makan siang gratis ditaksir mencapai Rp450 triliun.

Dana BOS digunakan untuk operasional sekolah seperti membeli buku, alat tulis termasuk juga menggaji guru, karyawan hingga biaya listrik, air, dan perawatan gedung sekolah.

Sebelumnya, Menteri Koodinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan pembiayaan program makan siang gratis bakal bersumber lewat dana BOS dari Kementerian Pendidikan, kebudayaann, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Pernyataan itu disampaikan Airlangga saat melakukan simulasi makan siang gratis di SMP Negeri Curug, Kabupaten Tangerang, Kamis (29/2/2024).

Baca juga:


Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!