NASIONAL

Jelang Akhir Tahun Harga Cabai, Bawang dan Beras Masih Tinggi

Harga cabai, bawang, beras dan juga kebutuhan pokok lainnya masih terpantau tinggi, setelah libur Natal dan menjelang Tahun Baru.

AUTHOR / Raden Muhammad Rangga Sugeri

Jelang Akhir Tahun Harga Cabai, Bawang dan Beras Masih Tinggi
Pedagang menakar cabai rawit di Pasar Barito, Ternate, Maluku Utara, Sabtu (23/12/2023). (Foto: ANTARA/Andri Saputra)

KBR, Jakarta – Harga cabai, bawang, beras dan juga kebutuhan pokok lainnya masih terpantau tinggi, setelah libur Natal dan menjelang Tahun Baru.

Sekjen Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ngadiran mengatakan kenaikan harga bahan pokok terjadi karena mengikuti harga jual dari pemerintah.

"Yang jelas beras masih mahal, cabai mahal, dan beberapa jenis juga mahal. Artinya harganya tidak normal, tidak harga standar normal. Diatas harga rata-rata normal,” kata Ngadiran kepada reporter KBR, Rabu (27/12/2023).

Baca juga:


Harga bahan pokok pada Rabu (27/12/2023) masih diatas harga rata-rata normal. Harga cabai merah berkisar Rp 80.000-Rp 100.000 per kilogram (kg). Harga tersebut jauh dibandingkan harga normal di hari-hari biasa yang berkisar Rp 40.000-Rp 50.000 per kg.

Untuk harga beras saat ini berkisar Rp 10.000 per liter yang dari harga awal berkisar Rp 8.000 per liter. Untuk harga bawang merah berkisar Rp 35.000-Rp 50.000 per kg, sedangkan harga minyak goreng saat ini Rp 17.280.

Ngadiran mengatakan pemerintah harus menyediakan bahan-bahan pokok agar harga di pasar-pasar bisa stabil, agar tidak menyusahkan rakyat.

Dia mengatakan harga bahan pokok boleh saja naik tapi jangan terlalu tinggi, karena kondisi masyarakat saat ini masih susah.

Baca juga:

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!