NASIONAL

Polri Menindak 54 Kasus terkait Pangan di 2023, Terbanyak soal Beras

Ada puluhan kegiatan penegakan hukum dilakukan di sektor pangan.

AUTHOR / Heru Haetami

Polri Menindak 54 Kasus terkait Pangan di 2023, Terbanyak soal Beras
Ilustrasi: Beras Bulog di bazar murah di Dungingi, Kota Gorontalo, Sabtu, (09/12/23). (Antara/Adiwinata Solihin)

KBR, Jakarta- Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengeklaim telah mengoptimalkan peran Satgas Pangan selama 2023. Listyo menyebut optimalisasi dilakukan untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok.

Kata dia, pada tahun ini, ada puluhan kegiatan penegakan hukum dilakukan di sektor pangan. Penyelewengan beras menjadi salah satu kasus yang menonjol.

"Melakukan penegakan hukum sebanyak 54 kegiatan atau naik 12 kegiatan 28,5 persen dari Tahun 2022. Dan salah satu kasus yang menonjol yang berhasil diungkap oleh Satgas Pangan adalah penyelewengan distribusi beras sebanyak 250 ton di Banten dan telah ditetapkan tujuh orang sebagai tersangka," kata Listyo saat menyampaikan Rilis Akhir Tahun Polri, Rabu, (27/12/2023).

Kapolri Listyo Sigit Prabowo menambahkan, sepanjang 2023, Satgas Pangan juga telah melakukan 158.173 upaya preemtif dan preventif. Angka ini naik 891 kegiatan dibanding 2022.

Kemudian melakukan kerja sama dengan stakeholder terkait sebanyak 187 kegiatan atau naik 23,84 persen dari tahun 2022.

Listyo juga mengeklaim telah mengoptimalkan berbagai kegiatan Satgas Pangan dengan melakukan berbagai inovasi seperti membuat aplikasi web, call center, email, dan instagram.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!