NASIONAL

Ini Pembahasan Tiga Bacapres saat Makan Siang Bersama Presiden

Presiden Jokowi diminta menjaga netralitas pada Pemilu 2024

AUTHOR / Astri Yuanasari

Presiden
Presiden Jokowi bersama tiga bakal calon presiden Pilpres 2024 sedang makan siang bersama di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023). (FOTO: Antara/Hafidz)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang tiga bakal calon presiden, yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo makan siang di Istana Negara, hari ini. Usai pertemuan itu, Bacapres Anies Baswedan mengungkap isi pembahasan dalam jamuan makan siang itu. Menurut bacapares Koalisi Anies-Muhaimin (Amin) itu, presiden dan para bacapres mengobrol santai dengan bahasan yang ringan-ringan.

"Banyak hal yang dibahas, banyak hal yang didiskusikan, tapi semuanya sifatnya ringan-ringan tidak ada sesuatu yang berat," kata Anies usai makan siang bersama Presiden Jokowi, Senin (30/10/2023)

Anies juga menyampaikan kepada Presiden Jokowi untuk menjaga netralitas pada Pemilu 2024. Ia juga meminta kepala negara untuk mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) turut menjaga netralitas.

"Dalam makan siang tadi saya sampaikan ke beliau, pak, saya bertemu dengan begitu banyak orang-orang yang sayang kepada presiden, yang sayang, ingin presiden tetap netral," imbuhnya.

Baca juga:

Di lain pihak, Bacapres Ganjar Pranowo mengatakan, Presiden Jokowi mengumpulkan tiga bacapres karena ingin menjalin komunikasi terkait pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2024 yang demokratis.

"Beliau orang baik, InsyaAllah juga akan mendukung sistem demokrasi yang baik, dan mudah-mudahan insya Allah akan bisa dilaksanakan. Tugas kita yuk kita jaga bersama-sama pemilu ini damai, para aparaturnya betul-betul imparsial, semua bisa berjalan dengan fair dan kita bisa saling menjaga," kata Ganjar.

Bacapres dari PDIP, Ganjar Pranowo membantah ada pembahasan terkait isu Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme maupun polemik putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batasan usia capres-cawapres.

"Kita ketawa-ketawa ngomongnya enteng-enteng, enggak berat-berat kok tadi ngomong makanan banyak 'kelihatannya pada ini ya segar-segar ya' gitu," ungkapnya.

Baca juga:

Pada kesempatan yang sama, Bacapres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto mengatakan, suasana makan siang dengan kepala negara berlangsung sangat akrab.

"Kita juga dalam suasana yang akrab, dan tadi kami juga ucapkan terima kasih diundang. Kalau nggak diundang kita jarang bisa kumpul ya. Jadi beliau juga berharap suasana bagus dan kita juga berharap suasana baik," kata Prabowo.

Pada Pilpres 2024, terdapat tiga pasang calon presiden dan wakil presiden. Mereka adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, lalu Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Editor: Muthia Kusuma

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!