NASIONAL

Tiga Pasangan Capres Lolos Tes Kesehatan dan Bebas Narkoba

"Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden ini dinyatakan mampu untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden, demikian juga dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba,"

AUTHOR / Astri Yuanasari

Hasil tes kesehatan tiga pasangan capres
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menerima hasil tes kesehatan pasangan capres dan cawapres di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (27/10/23). (Antara/Sanya Dinda)

KBR, Jakarta–  Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan tiga  calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024. Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyatakan, tiga pasangan capres-cawapres lolos pemeriksaan kesehatan. Hal ini diumumkan Hasyim setelah menerima dokumen hasil pemeriksaan kesehatan dari tim dokter RSPAD Gatot Subroto, Jumat (27/10).

Hasyim mengatakan, dua   calon presiden dan wakil presiden yang mendaftar ke KPU di hari pertama pendaftaran, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dinyatakan lolos pemeriksaan kesehatan.

"Hasil pemeriksaan kesehatan oleh tim pemeriksa yang disampaikan kepada KPU disimpulkan bahwa dua bakal pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden ini dinyatakan mampu untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden, demikian juga dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba," kata Hasyim dalam keterangan pers di KPU, Jumat (27/10/2023).

Hasyim menambahkan, begitu pula dengan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang mendaftar terakhir, juga dinyatakan mampu menjalankan tugas sebagai presiden-wakil presiden, dan bebas dari penyalahgunaan narkoba.

"Kemudian kesempatan ketiga bakal Pasangan calon yang hadir didaftarkan ke KPU adalah bakal pasangan calon Pak Prabowo Subianto dan Mas Gibran demikian juga maka konsekuensinya untuk pemeriksaan giliran ketiga adalah beliau berdua itu. Hasil pemeriksaan terhadap bakal pasangan calon ini oleh tim pemeriksa dinyatakan bahwa bakal Pasangan calon mampu untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden Kemudian yang kedua dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba," kata Hasyim.

Baca juga:

Sebelumnya tim pemeriksa kesehatan pasangan  capres-cawapres untuk Pemilu 2024 dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto telah menyerahkan hasil tes kesehatan menyeluruh tiga  pasangan capres-cawapres kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jumat (27/10). Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan, pemeriksaan ini tidak hanya memastikan bahwa pasangan calon sehat atau tidak sehat saja.

"Jadi menurut undang-undang Pemilu ditentukan bahwa salah satu syarat bakal Pasangan calon adalah mampu, jadi bunyinya bukan sehat tidak sehat, tapi mampu, secara rohani dan jasmani untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden, serta tidak terdapat penyalahgunaan narkotika," kata Hasyim setelah menerima dokumen hasil pemeriksaan dari tim RSPAD Gatot Subroto, di kantor KPU RI, Jumat (27/10/2023)

Hasyim menjelaskan, dua hal tersebut yang dijadikan ukuran bagi tim pemeriksa kesehatan untuk memeriksa kesehatan ketiga pasangan  capres-cawapres.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala RSPAD Gatot Subroto Budi Sulistya mengatakan, secara garis besar, tiga pasangan memiliki hasil pemeriksaan yang tidak ada kendala dengan kesehatannya.

"Baik itu kesehatan fisik maupun rohani, jasmani rohani dan juga tidak didapatkan penyalahgunaan narkoba pada semua calon," kata Budi.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!