NASIONAL

Cek Fakta: Tangkapan Layar Postingan Jokowi Disunting Seolah Unggah Poster Film Ice Cold

Top Three Hoax of The Week

AUTHOR / Tim Cek Fakta

Cek Fakta

KBR, Jakarta- Nampaknya kepopuleran film bergenre dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso tak luput dari perhatian pembuat berita bohong atau hoaks. Imbasnya, postingan akun Instagram resmi Presiden Jokowi di media sosial TikTok jadi bahan suntingan. Beredar tangkapan layar postingan akun Instagram resmi Presiden Jokowi disunting seolah mengunggah poster film yang tayang di Netflix itu.

Pada tangkapan layar terlihat seolah Jokowi mengunggah poster film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso. Postingan itu lengkap dengan narasi "sedang menggelar rapat terbatas di istana."

Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya dan bagaimana penelusurannya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 5 - 11 Oktober 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Instagram @turnbackhoaxid:

Tangkapan Layar Postingan Jokowi Disunting Seolah Unggah Poster Film Ice Cold

Nampaknya kepopuleran film bergenre dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso tak luput dari perhatian pembuat berita bohong atau hoaks. Imbasnya, postingan akun Instagram resmi Presiden Jokowi di media sosial TikTok jadi bahan suntingan yang dikaitkan dengan film dokumenter tersebut. Beredar tangkapan layar postingan akun Instagram resmi Presiden Jokowi disunting seolah mengunggah poster film yang tayang di Netflix itu.

Pada tangkapan layar terlihat seolah Jokowi mengunggah poster film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso. Postingan itu lengkap dengan narasi "sedang menggelar rapat terbatas di istana."

Gambar dimaksud bisa anda cek di akun instagram @TURNBACKHOAXID.

Baca juga:

Cek Fakta: Narasi soal Jokowi Bebaskan Pajak Selama 120 Tahun untuk WNA yang Tinggal di IKN?

Cek Fakta: Beredar Narasi Pemuda Tiongkok Bakal Banjiri Posisi ASN di Indonesia

Cek Fakta: Narasi soal RUU Kesehatan Bolehkan Pengambilan Organ Mayat Tanpa Persetujuan?

Film Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso belakangan viral di media sosial. Karena film dokumenter ini menceritakan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Wongso yang menjalani hukuman 20 tahun penjara. Ini adalah kasus yang mendapatkan perhatian dan sorotan dari masyarakat Indonesia.

Beredar Video Hoaks Anak DN Aidit Provokasi Jokowi

Beredar video di media sosial Facebook, yang memperlihatkan seorang pria sedang berbincang dengan Presiden Jokowi.

Ada klaim pria tersebut, anak dari DN Aidit, ketua Partai Komunis Indonesia (PKI). Pria ini dinarasikan memprovokasi Jokowi untuk bertindak represif terhadap umat Islam.

Dipa Nusantara Aidit atau lebih dikenal, D.N Aidit adalah pimpinan PKI, yang kelompoknya dibubarkan setelah peristiwa G30S PKI pada 30 September 1965. Adapun Aidit memiliki lima anak yakni Ilham Aidit, Ibarruri Putri Alam, Ilya Aidit, Iwan Aidit, dan Irfan Aidit.

Sementara itu, berdasarkan hasil penelusuran, pria yang berbincang dengan Jokowi bukan anak DN Aidit. Tapi, ia adalah Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani. Selain menjabat sebagai ketua BP2MI Benny juga tercatat sebagai ketua umum salah satu relawan Jokowi, yakni Barikade 98.

Dilansir dari kompas.com, Benny menjelaskan, dirinya meminta izin kepada Jokowi untuk melawan para pihak yang kerap menyerang pemerintah. Ia geram dengan kubu yang terus menebarkan kebencian, hoaks, dan fitnah kepada Jokowi.

Foto dan Narasi Klaim Buku Nikah Adik Jokowi

Beredar di Facebook sebuah postingan berisi gambar yang memperlihatkan copy dari buku nikah dan ijazah. Foto buku nikah tersebut kemudian ditambahkan narasi klaim bahwa itu milik adik dari Jokowi, Idayati dengan mantan suaminya. Foto pria dalam buku nikah tersebut sama persis seperti yang tertera pada foto ijazah Jokowi saat kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Postingan itu lantas mempertanyakan foto ijazah tersebut yang sama dengan pria di buku nikah yang dinarasikan milik adik Jokowi. Foto dimaksud bisa anda cek di akun instagram @TURNBACKHOAXID.

Berdasar hasil penelusurannya, foto buku nikah tersebut sesunguhnya milik Jokowi dan Iriana, bukan milik adik Jokowi seperti yang dinarasikan. Buku itu dirilis di facebook PDI Perjuangan.

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!