NASIONAL

Cek Fakta: Narasi soal Jokowi Bebaskan Pajak Selama 120 Tahun untuk WNA yang Tinggal di IKN?

Top Three Hoax of The Week

AUTHOR / Tim Cek Fakta

Cek Fakta: Narasi soal Jokowi Bebaskan Pajak Selama 120 Tahun untuk WNA yang Tinggal di IKN?

KBR, Jakarta- Sebuah unggahan melalui media sosial Twitter, tentang narasi yang menyebutkan bahwa Jokowi memberikan hak kepada orang asing terutama Cina Tiongkok Komunis tinggal di IKN 120 tahun tanpa pajak. Konten yang dimaksud bisa ditengok di akun instagram @TURNBACKHOAXID.

Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya dan bagaimana penelusurannya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 28 SEPTEMBER - 4 OKTOBER 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Instagram @turnbackhoaxid:

Video Bernarasi Atas Perintah Jokowi, Surya Paloh Nyatakan Mundur Dukung Anies

Sebuah video bernarasikan Surya Paloh nyatakan mundur dukung Anies atas perintah Jokowi beredar dari sebuah channel youtube pada 19 September 2023.

Konten yang dimaksud bisa anda cek di akun instagram @TURNBACKHOAXID.

Narasi Soal Daftar Kerja di KCIC Harus Bisa Berbahasa Mandarin

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook, mengenai sebuah perusahaan Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC). Unggahan tersebut berupa hasil tangkapan layar dari sebuah media, mengenai lowongan kerja sebagai Mandarin Interpreter.

Hasil tangkapan layar ini kemudian ditambahkan sebuah narasi yang menyebutkan, walaupun beroperasi di Indonesia, apabila ingin mendaftar untuk bekerja di KCIC diwajibkan harus menggunakan Bahasa Mandarin.

Baca juga:

Cek Fakta: Beredar Narasi Pemuda Tiongkok Bakal Banjiri Posisi ASN di Indonesia

Cek Fakta: Narasi soal RUU Kesehatan Bolehkan Pengambilan Organ Mayat Tanpa Persetujuan?

Cek Fakta: Video Bernarasi Prajurit Robot Muncul di Ukraina

Namun setelah dilakukan penelusuran, tidak ditemukan fakta yang membenarkan klaim tersebut. Melansir dari laman resmi Karir KCIC, hampir seluruh lowongan kerja yang dibuka untuk masyarakat Indonesia, tidak mewajibkan untuk menguasai Bahasa Mandarin sebagai sebuah persyaratan.

Sedangkan, ketentuan harus dapat menguasai Bahasa Mandarin ini ditujukan pada lowongan pekerjaan sebagai Mandarin Interpreter di KCIC yang merupakan hal lumrah, apabila sebagai seorang penerjemah Bahasa Mandarin harus dapat menguasai Bahasa Mandarin dan Bahasa Indonesia dengan baik.

Narasi soal Jokowi Bebaskan Pajak Selama 120 Tahun untuk WNA yang Tinggal di IKN

Sebuah unggahan melalui media sosial Twitter, tentang narasi yang menyebutkan bahwa Jokowi memberikan hak kepada orang asing terutama Cina Tiongkok Komunis tinggal di IKN 120 tahun tanpa pajak.

Mau tau hasil penelusuran fakta Top Three Hoax of The Week di atas? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!