NASIONAL

Cek Fakta: Video Bernarasi Prajurit Robot Muncul di Ukraina

Top Three Hoax of The Week 31 Agustus - 6 September 2023

AUTHOR / Tim Cek Fakta

Cek Fakta: Video Bernarasi Prajurit Robot Muncul di Ukraina

KBR, Jakarta- Sebuah video yang menunjukkan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy berjalan seolah beriringan dengan sebuah robot. Robot ini dinarasikan sebagai prajurit robot yang muncul di Ukraina dan Zelensky menyapanya secara pribadi.

Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya dan bagaimana penelusurannya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 31 Agustus - 6 September 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Instagram @turnbackhoaxid:

Hoaks Video Penobatan Anies Baswedan

Sebuah video mengklaim hasil pencarian Google untuk gubernur terbodoh di dunia menunjuk kepada mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Selain itu disertakan narasi bahwa Google menobatkan Anies Baswedan sebagai gubernur terbodoh di dunia.

Baca juga:

Cek Fakta:Narasi soal Baju Adat Jokowi Bermakna Negatif

Cek Fakta: Foto Karya Seni Kayu Dinarasikan sebagai Jantung Dewa Krishna

Cek Fakta: Hoaks Impor Pasukan Tiongkok Demi Bela Rezim

Padahal hasil pencarian google tersebut tidak menunjukkan bahwa Google resmi menobatkan Anies Baswedan sebagai Gubernur Terbodoh. Namun setelah dilakukan penelusuran informasi, ada fenomena algoritma.

Video dengan Narasi yang Mengklaim bahwa PKI Dukung Anies

Beredar sebuah unggahan Youtube yang mengklaim Anies Baswedan didukung oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Unggahan itu menampilkan thumbnail dengan foto Kapolri Listyo Sigit Prabowo yang seolah menunjukan bukti video dukungan PKI kepada Anies.

Jokowi dan Ma’ruf Amin juga seolah-olah sedang menyaksikan video dukungan PKI kepada Anies Baswedan. Faktanya, unggahan tersebut adalah hasil manipulasi.

Video Bernarasi Prajurit Robot Muncul di Ukraina

Sebuah video yang menunjukkan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy berjalan seolah beriringan dengan sebuah robot. Robot ini dinarasikan sebagai prajurit robot yang muncul di Ukraina dan Zelensky menyapanya secara pribadi.

Padahal pada video aslinya, Zelensky berinteraksi dengan Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak. Video dimaksud bisa anda cek di Instagram @TURNBACKHOAXID.

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!