NASIONAL

Cek Fakta: Narasi Beredarnya Miras Saset Resahkan Masyarakat

Top Three Hoax of The Week

AUTHOR / Tim Cek Fakta

Cek Fakta: Narasi Beredarnya Miras Saset Resahkan Masyarakat

KBR, Jakarta- Belakangan masyarakat +62 diresahkan narasi soal produk minuman keras kemasan saset yang diklaim beredar di masyarakat dan menyasar kalangan pelajar. Produk yang diklaim miras saset bernama Asli Otentik Orang Tua dinarasikan sudah beredar bebas.

Setelah ditelusuri, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya mengkonfirmasi, tidak adanya produk miras yang beredar dalam bentuk saset.

Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya dan bagaimana penelusurannya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 19 - 25 Oktober 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Instagram @turnbackhoaxid:

Beredar Video Bernarasi Masjid Al-Aqsha Hancur Dirudal Israel

Memanasnya konflik antara Israel dan Palestina beberapa minggu belakangan tak lepas dari perhatian warganet, termasuk pembuat berita bohong. Pasalnya di TikTok beredar video hoaks bernarasi Masjid Al- Aqsa hancur terkena rudal Israel.

Terdapat gambar masjid yang kubahnya diklaim terkena serangan Israel. Namun setelah diselidiki, gambar tersebut bukanlah gambar Masjid Al- Aqsa di kompleks Haram Al Sharif atau Temple Mount di Kota Tua Yerusalem. Tetapi Masjid Muhammad Al- Amiin yang terletak di Kota Khan Younis, Gaza.

Gambar dimaksud, bisa anda cek di Instragram @turnbackhoaxid

Baca juga:

Cek Fakta: Foto Suntingan Bernarasi Ganjar Minum Alkohol?

Cek Fakta: Tangkapan Layar Postingan Jokowi Disunting Seolah Unggah Poster Film Ice Cold

Cek Fakta: Narasi soal Jokowi Bebaskan Pajak Selama 120 Tahun untuk WNA yang Tinggal di IKN?

Terkait konflik tak berkesudahan antara Palestina dan Israel ini, pihak Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mendesak pihak Hamas Palestina dan Israel genjatan senjata. Lantaran perang antara keduanya menimbulkan kehancuran dan merusak tujuan kemanusiaan yang selama ini diperjuangkan.

Guterres menyebut serangan tiga minggu terakhir sebagai serangan paling mematikan dalam sejarah peperangan antara keduanya. Bahkan jutaan nyawa warga sipil berjatuhan dan masyarakat yang masih hidup kesulitan mendapatkan makanan, listrik hingga bahan bakar untuk bertahan hidup.

Narasi Beredarnya Miras Saset Resahkan Masyarakat

Belakangan masyarakat +62 diresahkan informasi beredarnya produk minuman keras kemasan saset di masyarakat dan menyasar kalangan pelajar. Produk yang diklaim miras saset bernama Asli Otentik Orang Tua, dinarasikan sudah beredar bebas.

Setelah ditelusuri, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya mengkonfirmasi tidak adanya produk miras yang beredar dalam bentuk saset.

Video dengan Narasi yang Mengklaim Pelepasan TNI ke Palestina

Di media sosial X, beredar sebuah video sejumlah pasukan TNI di dermaga pelabuhan yang diklaim akan berangkat ke Palestina.

Berdasarkan penelusuran, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda Julius Widjojono membantah berita bohong tersebut. Berdasarkan keterangan persnya, Julius menegaskan, video dimaksud adalah video pemberangkatan Batalyon 712 Satgas Pamtas RI-PNG dan pasukan TNI penjaga perdamaian di Lebanon.

Video dimaksud, bisa anak cek di Instragram @turnbackhoaxid.

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!