NASIONAL

Cek Fakta: Foto Suntingan Bernarasi Ganjar Minum Alkohol?

Top Three Hoax of The Week

AUTHOR / Tim Cek Fakta

Cek Fakta: Foto Suntingan Bernarasi Ganjar Minum Alkohol?

KBR, Jakarta- Suasana politik di Indonesia kian ramai, setelah 2 bakal calon presiden mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 19 Oktober 2023 kemarin.

Bahkan Bacapres dan bacawapres yang di usung Partai NasDem, PKB, dan PKS, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) telah menjalani tes kesehatan untuk pendaftaran Pilpres 2024 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Anies dan Cak Imin menjalani tes kesehatan, 21 Oktober kemarin.

Sementara itu, pasangan dari PDI Perjuangan, PPP, Perindo, dan Hanura, Ganjar Pranowo-Mahfud MD sudah menjalani tes kesehatan 22 Oktober kemarin.

Baca juga:

Cek Fakta: Tangkapan Layar Postingan Jokowi Disunting Seolah Unggah Poster Film Ice Cold

Cek Fakta: Narasi soal Jokowi Bebaskan Pajak Selama 120 Tahun untuk WNA yang Tinggal di IKN?

Cek Fakta: Beredar Narasi Pemuda Tiongkok Bakal Banjiri Posisi ASN di Indonesia

Di tengah keramaian Pemilu 2024, beredar foto suntingan ganjar tengah meminum sebuah minuman yang dinarasikan sebagai alkohol.

Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya dan bagaimana penelusurannya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 12 - 18 Oktober 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi di akun Instagram @turnbackhoaxid:

Video dan Narasi yang Mengklaim Kantor Pusat Nasdem Dibakar

Di aplikasi YouTube beredar video yang menampilkan gambar thumbnail sebuah bangunan terbakar, dengan narasi yang menyatakan bangunan tersebut adalah kantor pusat Partai NasDem. Kantor ini diklaim dibakar oleh warga, imbas Surya Paloh ingkar janji.

Tapi setelah dilakukan penelusuran, dari awal hingga akhir video tidak ditemukan pemberitaan terkait kantor pusat Partai NasDem yang dibakar.

Suntingan Foto Anies Baswedan Seolah Gunakan Pakaian Uskup

Suasana politik di Indonesia kian ramai, setelah 2 bakal calon presiden mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 19 Oktober 2023 kemarin.

Bahkan Bacapres dan bacawapres yang di usung Partai NasDem, PKB, dan PKS, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dikabarkan sudah menjalani tes kesehatan untuk pendaftaran Pilpres 2024 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Anies dan Cak Imin menjalani tes kesehatan, 21 Oktober kemarin.

Nah di tengah keramaian ini, nampaknya tidak ketinggalan hoaks soal Bacapres Koalisi Perubahan ini. Di mana beredar foto suntingan Anies seolah menggunakan busana Uskup berwarna merah.

Foto Suntingan Bernarasi Ganjar Minum Alkohol

Kalau tadi udah ada hoaks soal Bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan. Sekarang ada hoaks soal Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden dari PDI Perjuangan, PPP, Perindo, dan Hanura, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Jadi beredar sebuah foto suntingan ganjar tengah meminum sebuah minuman yang dinarasikan sebagai alkohol.

For your information, Ganjar Pranowo-Mahfud MD sudah menjalani tes kesehatan untuk pendaftaran Pilpres 2024 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, 22 Oktober kemarin.

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!