NASIONAL

Anggaran Makan Bergizi Rp7.500, IDAI: Telur 3 Butir

Untuk tambahan protein, oke lah. Tapi untuk secara keseluruhan makanan bergizi, ya mungkin, enggak tahu saya di daerah berapa itu satu telur.

AUTHOR / Hoirunnisa

EDITOR / Wahyu Setiawan

Anggaran Makan Bergizi Rp7.500, IDAI: Telur 3 Butir
Ketua IDAI Piprim Basarah Yanuarso usai menghadiri perayaan Hari Anak Nasional di Kantor IDAI, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2024). (KBR/Hoirunnisa)

KBR, Jakarta - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menilai anggaran program Makan Bergizi Gratis sebesar Rp7.500 per porsi tidak cukup memenuhi kebutuhan gizi pada anak.

Ketua IDAI Piprim Basarah Yanuarso mengatakan, anggaran sebesar itu hanya cukup untuk menu tambahan protein yakni tiga butir telur.

"Mungkin Rp7.500 bisa buat tiga butir telur, satu butir telur kan Rp2.500 ya. Untuk tambahan protein, oke lah. Tapi untuk secara keseluruhan makanan bergizi, ya mungkin, enggak tahu saya di daerah berapa itu satu telur," ujar Piprim usai menghadiri perayaan Hari Anak Nasional di Kantor IDAI, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2024).

Piprim menyebut makanan bergizi pada dasarnya harus memenuhi komponen nutrisi makro yakni karbohidrat, protein, lemak, hingga serat.

"Kalau (dengan) Rp7.500 bisa penuhi aspek nutrisi, kalori, protein, dan yang lainnya, ya itu cukup. Mungkin bisa juga ya. Tapi kalau enggak, ya saya kira mungkin enggak cukup anggaran segitu," jelas Piprim.

Piprim mendorong agar anggaran makan bergizi diawasi secara ketat.

"Jangan sampai nanti sampai ke anaknya tinggal separuh atau tinggal sepertiga. Nanti mau dapet apa gitu ya. Saya kira Indonesia kan kaya akan makanan lokal ya, protein lokal," tambah Piprim.

"Jadi masih bisa murah meriah asal kandungan gizinya hanya cukup untuk beli kerupuk," kata dia.

Baca juga:

Isu anggaran makan bergizi dipangkas dari Rp15.000 menjadi Rp7.500 per porsi menjadi sorotan. Namun Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka membantah anggaran Makan Bergizi Gratis dipangkas.

"Untuk menu hari ini ya cost-nya itu Rp14.900. Sudah termasuk ayam, nasi, sayur, buah-buahan, sama susu. Jadi menunya lengkap sekali. Dan ini juga sekaligus mengklarifikasi statement beberapa orang bahwa anggarannya akan dipotong sampai Rp7.500, itu tidak benar. Jadi kalau untuk anak kita, untuk para generasi penerus, kami tidak boleh pelit-pelit," kata Gibran usai meninjau uji coba program Makan Bergizi Gratis di SDN Sentul 02 dan 03, Kabupaten Bogor, Selasa (23/7/2024).

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!