NASIONAL

Uji Coba Makan Siang Gratis, Gibran: Tidak Boleh Pelit

"Untuk anak kita, untuk para generasi penerus, kami tidak boleh pelit-pelit,"

AUTHOR / Wahyu Setiawan

EDITOR / Rony Sitanggang

Uji coba makan siang gratis
Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka uji coba makan siang gratis di SDN Sentul 03, Kabupaten Bogor, Jabar, Selasa (23/07/2024). (Antara/M Fikri Setiawan)

KBR, Jakarta- Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menguji coba pelaksanaan program Makan Bergizi Gratis di SDN Sentul 02 dan 03, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gibran mengeklaim menu makanan dalam uji coba kali ini seharga hampir Rp15 ribu per porsi.

"Untuk menu hari ini ya cost-nya itu Rp14.900. Sudah termasuk ayam, nasi, sayur, buah-buahan, sama susu. Jadi menunya lengkap sekali. Dan ini juga sekaligus mengklarifikasi statement beberapa orang bahwa anggarannya akan dipotong sampai Rp7.500, itu tidak benar. Jadi kalau untuk anak kita, untuk para generasi penerus, kami tidak boleh pelit-pelit," kata Gibran.

Gibran mengatakan uji coba akan dilakukan hingga Oktober, menjelang dirinya dilantik. Selama tahap uji coba, pelaksanaan makan siang bergizi dilakukan dengan berbagai skema.

"Ada yang mungkin memanfaatkan UMKM, warung-warung kecil, warteg, ataupun katering kecil, dan juga mungkin orang tua murid ikut bergotong royong menyajikan makan siang gratis ini," ujarnya.



Baca juga:

Gibran mengeklaim anggaran uji coba makan bergizi berasal bantuan CSR perusahaan swasta.

"Ini setelah saya dan Pak Prabowo melontarkan program makan siang gratis, banyak pihak yang ingin berpartisipasi entah itu CSR," kata dia.

"Kami senang sekali dan sekali lagi kalau tidak ada support dari perusahaan swasta, tidak akan berjalan baik seperti ini," imbuhnya.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!