NASIONAL

Tinjau Pasar di Samarinda, Jokowi Temukan Harga Beras masih Mahal

"Bahkan cabai harganya juga turun, kemudian bawang putih harganya juga turun, bawang merah harganya juga turun. Yang masih belum turun, beras,” ujar Jokowi

AUTHOR / Astri Septiani

Tinjau Pasar di Samarinda, Jokowi Temukan Harga Beras masih Mahal
Keterangan Pers Presiden Jokowi Saat Kunjungi Pasar Merdeka, Samarinda Kalimantan Timur, 21 September 2023. (Youtube Setpres RI)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo menyebut secara umum harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar masih terkendali dengan baik, kecuali beras yang dinilai masih tinggi.

"Bahkan cabai harganya juga turun, kemudian bawang putih harganya juga turun, bawang merah harganya juga turun. Yang masih belum turun, beras,” ujar Jokowi saat meninjau harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Merdeka, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (21/9/2023).

Jokowi mengeklaim saat ini beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dari Bulog telah mulai disalurkan di Pasar Merdeka. Dia berharap dengan operasi pasar itu, maka harga beras juga bisa segera turun.

Baca juga:

- Jokowi Berharap Harga Beras Segera Turun

- Harga Beras Tinggi, Ulah Mafia Beras?

Jokowi menambahkan, saat ini bahwa kenaikan harga tersebut diantaranya diakibatkan oleh fenomena super El Nino yang terjadi di tujuh provinsi dan mengakibatkan pasokan beras dari petani berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut, Jokowi memastikan pemerintah tengah menambah cadangan beras melalui impor.

“Ya kita memperbesar cadangan strategis lewat impor karena untuk menutup kekurangan produksi yang ada,” tutur Jokowi.

Editor: Resky Novianto

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!