NASIONAL

Jokowi Berharap Harga Beras Segera Turun

"Dan kita harapkan mungkin dalam dua minggu, tiga minggu ini akan mulai turun meskipun juga sudah turun sedikit," ucap Jokowi

AUTHOR / Astri Septiani, Hoirunnisa

Jokowi Berharap Harga Beras Segera Turun
Presiden Jokowi usai Tinjau Bahan Pokok di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (19/9/2023). Setpres RI

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo berharap harga beras bisa segera turun. Jokowi menyampaikan hal tersebut usai meninjau harga dan pasokan sejumlah komoditas pangan yang ada di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa 19 September 2023.

Berdasarkan hasil pantauannya, Jokowi menyebut harga sejumlah komoditas pangan masih dalam kondisi yang baik seperti bawang merah dan bawang putih kecuali beras.

"Dan kita harapkan mungkin dalam dua minggu, tiga minggu ini akan mulai turun meskipun juga sudah turun sedikit," kata Jokowi dalam keterangannya usai peninjauan di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (19/9/23).

Jokowi menambahkan, pemerintah telah melakukan sejumlah upaya untuk menurunkan harga beras di pasaran. Diantaranya melakukan operasi pasar, retail, hingga grosir.

Baca juga:

- Harga Beras Tinggi, Ulah Mafia Beras?

- BPS: Harga Beras Masih Tinggi

Jokowi juga menyebut pasokan beras nasional saat ini sudah mencukupi. Ia memastikan bahwa pemerintah telah memiliki 2 juta ton stok beras, dengan 1,6 juta ton beras sudah berada di Indonesia dan 400 ribu ton beras lainnya masih dalam perjalanan.

“Itu pun masih akan kita tambah lagi 1 juta untuk memastikan bahwa stoknya itu ada sehingga kita tidak khawatir karena kekeringan produksi turun, ada stoknya,” tutur Jokowi.

Harga Beras masih Tinggi

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat hingga minggu kedua September 2023 harga beras semakin mengalami kenaikan. Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, BPS, Pudji Ismartini menyebut harga beras berkisar di Rp 13.221.

Kata Pudji terjadi peningkatan jumlah kabupaten/kota yang harga berasnya tinggi dibanding minggu pertama September 2023.

"Harga beras kembali meningkat dalam dua minggu pertama di bulan September ini. Jadi ini yang perlu kita waspadai bersama dimana terlihat bahwa tren kenaikan beras masih terus berlanjut sampai dengan minggu kedua bulan September 2023 ini," Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, BPS, Pudji Ismartini dalam Rakor inflasi di kanal Youtube Kemendagri, Senin (18/9/2023).

Menurut Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, BPS, Pudji Ismartini tingkat inflasi beras di Agustus 2023 mencapai 1,43 persen secara bulanan dan 7,99 persen secara tahunan.

Editor: Resky Novianto

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!