NASIONAL

Survei LSI: Elektabilitas Prabowo-Gibran Unggul di Jawa Timur

Jawa Timur menjadi barometer kemenangan pasangan capres dan cawapres

AUTHOR / Hoirunnisa

pasangan capres cawapres
Pengundian nomor urut paslon capres cawapres di KPU, Jakarta, Selasa, (14/11/2023) (FOTO:Antara/Galih Pradipta)

KBR, Jakarta- Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei elektabilitas pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di Jawa Timur.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menyebut, pada survei simulasi surat suara pasangan Prabowo-Gibran meraih sebanyak 46,7 persen.

Berikutnya disusul pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 26,6 persen dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 16,2 persen.

"Prabowo Subianto dan Gibran itu berada di urutan pertama untuk perolehan suara kalau pemilu presiden yang diadakan pada saat survei dilakukan. Tampaknya ada potensi cukup besar pemilu di Jawa Timur, Pilpres akan berlangsung dua putaran," ujar Djayadi Hanan dalam siaran persnya dikutip dari kanal Youtube LSI, Jumat (5/1/2023).

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menambahkan, Pemilihan Presiden 2024 putaran kedua akan mempertemukan paslon capres-cawapres nomor urut 2 dan 3.

"Kecuali kalau responden dalam survei ini, yang menyatakan belum punya pilihan atau tidak menjawab 10,4% itu kalau dia terdistribusi seperti sekarang, maka posisinya akan ada dua putaran. Yang masuk putaran kedua untuk sementara ini adalah Prabowo Subianto-Gibran dan Ganjar-Mahfud," sambungnya.

Baca juga:

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menambahkan, kemantapan pilihan ada di angka 75 persen, artinya hanya ada 25 persen pemilih yang bisa berubah dukungan.

Lebih jauh Djayadi menjelaskan, Jawa Timur adalah provinsi dengan populasi pemilih terbesar kedua setelah Jawa Barat. Jumlah pemilih di wilayah ini mencapai 31,4 juta. Jawa Timur, sambung Djayadi, merupakan satu dari tiga wilayah kunci dalam kompetisi pemilu, baik untuk pilpres maupun pileg.

Djayadi mengungkap, dalam dua pemilu terakhir, yakni Pemilu 2014 dan Pemilu 2019, Jawa Timur menjadi barometer kemenangan pasangan capres dan cawapres. Sebab, kata dia, paslon yang menang di Jatim pada dua pemilu terakhir, adalah paslon yang juga menang di tingkat nasional.

Survei LSI di Jawa Timur dilakukan pada 16-28 Desember 2023 dengan jumlah responden sebanyak 8.800. Survei ini memiliki margin of error di angka 1,1% dengan tingkat kepercayaan 95% dan menggunakan metode stratified random sampling. 

Editor: Muthia Kusuma Wardani

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!