NASIONAL

SMRC: Elektabilitas Ganjar Ungguli Prabowo dan Anies

Terpaut tipis dengan Prabowo Subianto yang meraih 33,6 persen

AUTHOR / Hoirunnisa

Ganjar
Dua bakal calon presiden, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto berjabat tangan di Jakarta, Sabtu, (29/7/2023) (FOTO: Antara/Reno Esnir)

KBR, Jakarta - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis elektabilitas bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo unggul dalam simulasi tiga nama bacapres tertutup. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menyusul di peringkat kedua. Sementara bacapres yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan berada di peringkat ketiga.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani mengatakan, jika tiga nama tersebut maju sebagai capres dalam pemilihan yang diadakan saat waktu jajak pendapat publik, yakni 31 Juli hingga 11 Agustus 2023, sebanyak 35,9 persen masyarakat akan memilih Gubernur Jawa tengah, Ganjar Pranowo, terpaut tipis dengan Prabowo Subianto yang meraih 33,6 persen. Sementara eks-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meraih 20,4 persen.

Baca juga:

    "Dan yang belum tahu ada 10,1 persen. Lagi-lagi ini juga selisihnya sangat ketat antara Ganjar dan Prabowo, di bawah selisih dua kali margin of error yang kita butuhkan untuk bisa menyimpulkan secara meyakinkan apakah memang unggul atau tidak, tetapi keduanya kita bisa yakin unggul secara meyakinkan atas Anies Baswedan," ucap Deni dalam rilis hasil surveinya secara daring, Rabu (23/8/2023).

    Direktur Riset SMRC, Deni Irvani membandingkan dengan hasil survei sebelumnya pada Mei lalu. Ia mengungkap, saat itu Prabowo berada di tingkat pertama dengan raihan 34,1 persen. Lalu di urutan kedua ada Ganjar dengan 25,5 persen dan Anies dengan 23,5 persen.

    Lebih jauh Deni menjelaskan, jika masyarakat diberi pertanyaan terbuka terkait pilihan presiden pada Pemilu 2024, maka 36 persen masyarakat menjawab tidak tahu.

    Baca juga:

    Dalam jawaban spontan masyarakat menjawab Ganjar dengan raihan suara 22,7 persen. Kata Deni, secara statistik seimbang dengan Prabowo 20,8 persen. Lalu masyarakat yang menjawab spontan Anies sebanyak 12 persen. 

    Dalam dua tahun terakhir, Deni menyebut dukungan spontan kepada Ganjar naik dari 5,9 persen menjadi 22,7 persen. Prabowo menguat dari 13,1 persen menjadi 20,8 persen. Sedangkan Anies Baswedan naik dari 5,9 persen menjadi 12 persen. 

    Editor: Muthia Kusuma Wardani

    Komentar

    KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!