NASIONAL

Respons Kerusakan Logistik, KPU: Kami Sortir, Ganti Baru

KPU memastikan persoalan logistik tak akan mengganggu pelaksanaan pemungutan suara

AUTHOR / Heru Haetami

logistik
356 pekerja melipat surat suara di Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (10/1/2024). (FOTO: ANTARA/Akbar Tado/aww).

KBR, Jakarta- Komisi Pemilihan Umum (KPU) berkomitmen menyelesaikan masalah kerusakan logistik pemilu di beberapa daerah. Anggota KPU RI, Yulianto Sudrajat memastikan akan meyortir dan mengganti logistik rusak dengan cetakan baru.

"(yang rusak) Itu berapa dari sekian miliar surat suara? Kan hanya ratusan, sebagian hanya seribu atau berapa kemarin. Justru dengan sortir, kami buktikan bahwa kami bekerja. Ada surat suara yang tidak layak, itu kami sortir dan kami gantikan ke percetakan," kata Yulianto kepada wartawan di Jakarta, Selasa (9/1/2024).

Baca juga:

Anggota KPU RI Yulianto Sudrajat memastikan persoalan logistik tak akan mengganggu pelaksanaan pemungutan suara. Dia optimistis, sengkarut persoalan itu akan teratasi pada sisa waktu pendistribusian.

"Cukup sangat cukup, setiap hari kan kita sortir, data surat suara yang tidak bisa dipakai selalu masuk, selalu kami himpun dan kami masukkan ke percetakan untuk digantikan gantinya," kata Yulianto.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan sejumlah persoalan terkait distribusi logistik. Antara lain kerusakan kotak suara, bilik suara, tinta dan kerusakan segel surat suara.

Editor: Muthia Kusuma

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!