NASIONAL

Rekrutmen Calon ASN 2024 Segera Dibuka, Jokowi Undang Talenta Muda Masuk Birokrasi

Ada 2,3 juta formasi Calon ASN. Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan.

AUTHOR / Astri Septiani

Rekrutmen Calon ASN 2024 Segera Dibuka, Jokowi Undang Talenta Muda Masuk Birokrasi
Ilustrasi. Pegawai Negeri Sipil mengikuti apel pertama awal tahun di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (2/1/2024). (Foto: ANTARA/Yulius Satria W)

KBR, Jakarta - Pemerintah membuka formasi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024.

Presiden Joko Widodo menjelaskan pemerintah akan membuka rekrutmen CASN sebanyak 2,3 juta formasi.

Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan.

"Saya mengundang saudara-saudara, talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN tahun 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi, serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Jumat, (5/1/2024).

Seleksi akan dimulai sekitar Maret-April 2024, setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan formasi rekrutmen ASN. 

Baca juga:


Jokowi menjelaskan pemerintah memberikan kesempatan bagi para lulusan baru dengan membuka formasi calon pegawai sipil negara (CPNS) tahun 2024 sebanyak 690 ribu orang, terdiri dari 207 ribu di instansi pusat dan 483 ribu di instansi daerah.

Selain itu, pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN dengan membuka rekrutmen sebanyak 1,6 juta formasi yang belum diangkat sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN berdasarkan database BKN sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, dimana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1 juta 600 ribu formasi yang belum diangkat sebagai PPPK," kata Jokowi.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!