NASIONAL

Kenaikan Gaji ASN 2024 Dibayar Penuh Januari

"Nanti pasti akan dibayarkan Januari, penuh mulai 1 Januari.."

AUTHOR / Muthia Kusuma

Kenaikan Gaji ASN 2024 Dibayar Penuh Januari
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan Kinerja dan Realisasi APBN 2023 di kantornya, Selasa (2/1/2024). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

KBR, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan kenaikan gaji ASN, TNI, dan Polri akan mulai dibayarkan Januari 2024. Dia mengatakan, pemerintah belum menerbitkan Peraturan Pemerintah atau PP terkait kenaikan gaji ASN atahun 2024.

Meski begitu, Sri Mulyani memastikan kenaikan gaji akan dibayar penuh mulai bulan ini.

Kenaikan gaji sesuai dengan yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidato RUU APBN 16 Agustus 2023, yakni 8 persen untuk ASN, TNI, Polri dan 12 persen untuk pensiunan.

"Tapi nanti pasti akan dibayarkan Januari, penuh mulai 1 Januari. Jadi RPP-nya saja yang sekarang sedang berproses. ASN, TNI/Polri, dan pensiunan seperti yang disampaikan Presiden. Nanti kita sampaikan begitu RPP selesai, artinya tidak dikurangi, mulai 1 Januari," ucap Sri Mulyani, Selasa, (2/1/2024).

Sri Mulyani menambahkan, kenaikan juga meliputi uang makan hingga biaya paket data sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 2023 tentang Standar Biaya Masukan.

Dikutip dari ANTARA, uang makan yang diterima ASN tingkat paling bawah yakni golongan IV sebesar Rp41 ribu per hari. Dalam sebulan dengan estimasi 22 hari kerja, akan memeroleh uang makan Rp902.000 per bulan.

Baca juga:

Kemenkeu telah menyiapkan anggaran sebesar Rp52 triliun untuk merealisasikan kebijakan tersebut. Pemerintah juga menyiapkan Rp17 triliun untuk gaji pensiunan dan Rp9,4 triliun untuk kenaikan gaji ASN.

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!