NASIONAL

Presiden Jokowi Terima Penghargaan dari Pemerintah Palestina

Jokowi menerima penghargaan tertinggi dari Pemerintah Palestina sebagai "Grand Collar Order of the State of Palestine".

AUTHOR / Astri Septiani

EDITOR / R. Fadli

Palestina
Presiden Jokowi menempelkan stiker bantuan kemanusiaan Palestina (20/11/2023) di Lanud Halim PK, Jakarta. (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo menerima penghargaan tertinggi dari Pemerintah Palestina sebagai "Grand Collar Order of the State of Palestine". Penghargaan ini diserahkan oleh Utusan Khusus Presiden Palestina, Riyad Al Maliki, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 19 Agustus 2024.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan, penghargaan tersebut disampaikan langsung oleh Utusan Khusus Presiden Mahmoud Abbas setelah pertemuan dengan Presiden Jokowi.

"Utusan Khusus menyampaikan penghargaan yang sangat tinggi dari Presiden Mahmoud Abbas kepada Presiden Republik Indonesia atas posisi Indonesia yang konsisten untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina," ujarnya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Menlu Retno mengatakan, Presiden Mahmoud Abbas mengapresiasi peran penting Indonesia dalam mendukung rakyat Palestina, termasuk advokasi Indonesia untuk gencatan senjata, bantuan kemanusiaan, dan solusi dua negara.

Kata dia, Presiden Jokowi antara lain menyampaikan kejelasan mengenai posisi Indonesia yang konsisten untuk terus mendukung perjuangan bangsa Palestina. Indonesia juga akan terus menyuarakan gencatan senjata, bantuan kemanusiaan yang tanpa terkendala, dan tentunya solusi dua negara

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga menegaskan kembali posisi Indonesia yang akan terus mendukung perjuangan bangsa Palestina, serta komitmen untuk memperjuangkan pengakuan internasional dan keanggotaan penuh Palestina di PBB.

"Indonesia juga akan terus melakukan pendekatan kepada negara-negara anggota PBB agar mengakui Palestina dan mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB," tambah Retno.

Selain memberikan penghargaan, Utusan Khusus juga menyampaikan ucapan selamat dari Presiden Abbas kepada Presiden Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia atas peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

Saat menyampaikan penghargaan, Riyad Al Maliki, Penasihat Khusus Presiden Palestina, menegaskan bahwa penghargaan ini diberikan sebagai bentuk penghormatan atas upaya Presiden Jokowi dalam memperkuat hubungan antara Indonesia dan Palestina serta dalam mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk kebebasan dan kemerdekaan.

Baca juga:

Menlu RI Siap Galang Pengakuan Negara Palestina

Berjejaring dengan Israel, 4 Pengurus NU Jakarta Dipecat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!