NUSANTARA

Pilbup Banyuwangi: Survei, Gus Makki Ungguli Ipuk

Calon Bupati petahana Ipuk Fiestiandani memperoleh 43,0 persen suara, sedangkan KH Ali Makki Zaini unggul dengan 45,2 persen suara.

AUTHOR / Hermawan Arifianto

EDITOR / R. Fadli

Pilbup Banyuwangi
Calon Bupati petahana Ipuk Fiestiandani. (Foto: Pemkab Banyuwangi)

KBR, Banyuwangi - Kontestasi Pilkada Banyuwangi 2024 diperkirakan akan diwarnai persaingan antar-kandidat yang semakin ketat. Apalagi, hasil survei terbaru dari Diska Consulting menunjukkan elektabilitas calon Bupati Banyuwangi KH Ali Makki Zaini atau Gus Maki melonjak cukup signifikan

Menurut Direktur Diska Consulting, Achmad Syauqi, dari hasil survei yang dilakukan 22-27 Juli 2024 yang melibatkan 500 responden, calon Bupati petahana Ipuk Fiestiandani memperoleh 43,0 persen suara, sedangkan KH Ali Makki Zaini unggul dengan 45,2 persen suara. Sedangkan sebanyak 11,8 persen responden tidak tahu atau tidak menjawab.

Itu artinya, kata Syauqi, jika Pilkada Banyuwangi digelar secara 'head to head' antara dua calon tersebut, maka calon Bupati petahana berpotensi kalah dari penantangnya yaitu KH Ali Makki Zaini.

"Jadi sebagai seorang incumbent, kalau kita, menurun namanya role of incumbent aturan petahana itu. Petahana itu idealnya harus diatas 65 persen. Kalau diangka 50 persen, apalagi ada namanya pemilih yang belum menentukan pilihan itu 11 sekian persen, belum menentukan pilihan. Itu biasanya kalau menurut role of incumbent, biasanya (suara pemilih - red) larinya ke penantang," ujar Achmad Sauqi, Rabu (7/8/2024) di Banyuwangi.

Achmad Syauqi menambahkan, hasil survei juga menunjukkan, mayoritas responden menyebut nama bakal calon Bupati Banyuwangi yang paling dikenal adalah Ipuk Fiestiandani dengan 30,6 persen. Sedangkan KH Ali Makki Zaini menyusul di urutan kedua dengan 24,0 persen. Sementara calon lainya yaitu KH Ahmad Munib Syafaat berada di urutan. ketiga dengan 9,4 persen.

Kata Syauqi, survei ini melibatkan metode tatap muka langsung dengan menggunakan teknik multistage random sampling yang margin of error-nya 4,4 persen.

Baca juga:

Pilkada Banyuwangi, Partai Demokrat Usung Ipuk

1200 Sertifikat Tanah Diblokir, Bupati Banyuwangi Koordinasi

Pilkada Banyuwangi, Partai Nasdem Usung Ipuk Menang Periode Kedua

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!