NASIONAL

Piala Dunia U17, Bima Cari Tambahan Pemain dari Luar Negeri

"Saya pikir adalah 2-3 WNI pemain yang berkarir di liga luar negeri. Kita butuh pemain yang siap secara mental, skill, dan fisik untuk turnamen besar skala Piala Dunia U17."

AUTHOR / Yudha Satriawan

Timnas U17
Pemusatan latihan Timnas U17 di Stadion Sriwedari Solo, Jumat (11/08/23). (KBR/Yudha Satriawan)

KBR, Solo- Timnas U17 Indonesia masih menjalani pelatihan di Solo, Jawa Tengah. Pelatih timnas U17 Indonesia, Bima Sakti mengatakan ada catatan penting atau evaluasi pascatanding dengan tim dari Barcelona Spanyol dan tim Jepang. 

Menurut Bima, evaluasi ini akan menjadi fokus menghadapi Piala Dunia U17 mendatang.

"Banyak evaluasi dari kita di timnas U17 apalagi pascatanding kemarin dengan Tim U18 Barcelona Spanyol dan tim U18 Kashima Jepang di Jakarta. Kita perbaiki di TC Solo ini semoga bisa lebih baik. Pasti kita sudah punya kerangka tim dan kita tinggal cari tambahan lagi pemain dari luar negeri", ujar Bima saat ditemui usia TC timnas U17 di Stadion Sriwedari Solo, Jumat (11/8).

Lebih lanjut Bima menjelaskan timnas akan diisi 23 pemain inti, saat ini yang menjalani pelatihan ada 29 pemain. Timnas inti itu juga akan menjalani pelatihan di Jerman jelang laga Piala Dunia U17 Indonesia November - Desember mendatang.

"Saya pikir adalah 2-3 WNI pemain yang berkarir di liga luar negeri. Kita butuh pemain yang siap secara mental, skill, dan fisik untuk turnamen besar skala Piala Dunia U17. Di rentang waktu kurang dari 3 bulan ini, kita butuh pemain yang siap mental, skill, dan fisik. Kualitas pemain. Kemarin banyak dari hasil seleksi 12 kota, potensi bagus tapi kan butuh waktu lama memolesnya, paling tidak tahun depan baru siap," ujar Bima.

Baca juga:

Dari pantauan di Stadion Sriwedari Solo, pemain peserta pelatihan timnas U17 menjalani latihan fisik yang terbagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok sekitar lima  orang berlatih kecepatan menangkap tendangan bola dan kelompok lain atau sisanya berlatih menggiring bola dan mengoper secara akurat.

Sebelumnya, FIFA telah menyepakati empat stadion untuk gelaran Piala Dunia U-17. Antara lain Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Manahan Solo.

Turnamen itu akan digelar 10 November hingga 2 Desember 2023.

Sebanyak 24 Tim Negara Lolos Piala Dunia U-17 2023:

1. Indonesia (tuan rumah)
2. Inggris
3. Prancis
4. Jerman
5. Polandia
6. Spanyol
7. Argentina
8. Brasil
9. Ekuador
10. Venezuela
11. Burkina Faso
12. Mali
13. Maroko
14. Senegal
15. Kanada
16. Meksiko
17. Panama
18. Amerika Serikat
19. Kaledonia Baru
20. Selandia Baru
21. Iran
22. Korea Selatan
23. Jepang
24. Uzbekistan

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!