NASIONAL

Penetapan Komcad 2023, Begini Pesan Jokowi

"Tugas dan kewajiban seluruh warga negara Indonesia, juga adalah kewajiban kita semua untuk selalu membela bangsa dan negara,"

AUTHOR / Astri Yuanasari

Pelantikan Komponen Cadangan 2023
Upacara Penetapan Komponen Cadangan 2023, di Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Jabar, Jumat (11/08/23). (Kemhan)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perlunya terus memperkuat daya tangkal masyarakat dan daya tangkal bangsa untuk mewaspadai setiap potensi ancaman, menyiapkan antisipasi sedini mungkin, dan terus membangkitkan kesadaran bela negara. Ini adalah salah satu amanat Jokowi yang disampaikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, dalam Upacara Penetapan Komponen Cadangan 2023, di Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Jawa Barat, Jumat (11/8).

"Kita harus terus mengembangkan kemampuan dan kekuatan pertahanan negara, menyiapkan sumber daya manusia unggul dengan karakter tangguh dan patriotik serta memodernisasi alutsista pada matra darat, laut, dan udara. Namun pertahanan negara tidak cukup hanya ditangani kekuatan militer. Adalah tugas dan kewajiban seluruh warga negara Indonesia, juga adalah kewajiban kita semua untuk selalu membela bangsa dan negara," kata Prabowo saat membacakan amanat Jokowi, Jumat (11/8/2023).

Menhan Prabowo Subianto mengatakan, Jokowi juga berpesan agar rakyat, pemerintah, dan seluruh elemen negara harus bersinergi membangun simpul yang kuat, untuk mengelola sumber daya pertahanan bangsa, yang melibatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama anggota komponen cadangan.

"Tentara dan rakyat harus manunggal dalam konsep kesemestaan, bersama-sama mempertahankan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah, menjaga keselamatan seluruh rakyat Indonesia dari berbagai ancaman. Konsep kesemestaan perlu diterapkan secara nyata, dengan meningkatkan peran dan partisipasi setiap warga negara sebagai komponen cadangan. Sebagai bagian dari sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta yang dapat dimobilisasi sewaktu-waktu, hanya untuk kepentingan pertahanan negara," imbuhnya.


Baca juga:

Lantik Perwira Remaja, Panglima Ingatkan Ancaman Biologis hingga AI

- Menhan Tetapkan 2500 Komcad 2023

Prabowo mengatakan, saat ini Indonesia sudah memiliki komponen cadangan dari 3 matra untuk melaksanakan strategi pertahanan berlapis, memperbesar dan memperkuat kapasitas komponen utama yang dapat dikerahkan dan dimobilisasi apabila negara dalam keadaan darurat militer, atau keadaan perang, yang ditimbulkan oleh ancaman seperti invasi dari negara lain.

"Komponen cadangan pertahanan negara adalah prajurit-prajurit yang kuat, tangguh dan berwibawa yang selalu siap untuk membuktikan kecintaannya kepada tanah air bangsa dan negara," kata dia.

Prabowo menyebut, Jokowi meminta kepada Komcad untuk terus menyebarkan nilai-nilai nasionalisme, cinta dan bangga pada tanah air seluas-luasnya di berbagai kesempatan, dan menunjukkan kepada seluruh masyarakat Indonesia dan seluruh dunia bahwa Indonesia memiliki pertahanan yang kuat dan tangguh.

"Terakhir saya menyampaikan terima kasih dan selamat kepada seluruh komponen cadangan pertahanan negara yang ditetapkan hari ini. Kerelaan saudara-saudara menjadi anggota komponen cadangan menjadi inspirasi bagi seluruh rakyat Indonesia untuk membuktikan kecintaan dan tanggung jawab saudara-saudara kepada bangsa dan negara," pungkasnya.

Sampai tahun 2022 lalu, Kementerian Pertahanan telah berhasil memiliki Komponen Cadangan sebanyak 6.077 orang. Di tahun 2023 ini, Kemhan kembali menambah jumlah Komcad sebanyak 2.500 orang dari Matra Darat, Laut dan Udara.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!