NASIONAL

Lantik Perwira Remaja, Panglima Ingatkan Ancaman Biologis hingga AI

"Tantangan tugas yang akan kalian hadapi di masa mendatang, akan semakin kompleks."

AUTHOR / Wahyu Setiawan

Ancaman TNI
Panglima TNI Yudo Margono saat upacara pelantikan 383 Perwira di Mabes TNI, Cilangkap, Jaktim, Rabu (09/08/23). (Antara/Indrianto Eko)

KBR, Jakarta-   Panglima TNI Yudo Margono mengingatkan jajarannya akan ancaman ke depan yang dinilai bakal makin kompleks. Menurut Yudo, jajaran TNI akan dihadapkan ancaman multidimensi mulai dari ancaman biologis hingga ancaman kecerdasan buatan atau AI.

"Perlu kalian sadari bersama bahwa tantangan tugas yang akan kalian hadapi di masa mendatang, akan semakin kompleks. Situasi geopolitik global yang tidak menentu dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, menyebabkan potensi ancaman tidak hanya berkonsentrasi pada ancaman konvensional. Namun terus berkembang menjadi ancaman yang multidimensi. Seperti ancaman siber, ancaman biologis, ancaman kecerdasan buatan, dan ancaman lainnya yang bisa merongrong kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Yudo saat melantik 383 Prasetya Perwira TNI Angkatan 2023,  Rabu (9/8/2023).

Panglima TNI Yudo Margono mengatakan, para perwira baru harus terus mengasah diri dan beradaptasi secara cermat. Dia mengingatkan TNI harus rela berkorban demi nusa dan bangsa.

"Kalian telah menjadi garda terdepan sekaligus benteng terakhir NKRI. Harapan, wajah, dan masa depan TNI terletak di pundak kalian semuanya. Jadikan sifat tanggap, tanggon, dan trengginas yang sudah kalian miliki sebagai bekal awal untuk mengabdi secara total kepada Merah Putih, kepada NKRI, dan kepada rakyat Indonesia," ujarnya.

Yudo juga mengingatkan perwira baru agar menegakkan harkat dan martabat TNI. Dia meminta para perwira menjadikan kode etik dan sumpah prajurit sebagai pedoman melaksanakan tugas.


Baca juga:

KPK Aktifkan Tombol Panik untuk Antisipasi Teror

- TNI Geruduk Polrestabes Medan, Ini Kata Panglima

Saat upacara Prasetya Perwira TNI Angkatan 2023 total 383 perwira remaja TNI dilantik. Jumlah itu   terdiri atas 33 perwira prajurit sukarela dinas pendek (PSDP) penerbang (PNB) TNI dan 350 perwira prajurit karier TNI.

Sebanyak  dua perwira dari TNI AL menerima penghargaan Trisura Jalu Wiratama sebagai lulusan terbaik PSDP TNI TP 2020. Mereka  adalah Letda Edwin Putra Kurniawan, penerbang pesawat tipe sayap tetap (fixed wing) dan Letda Alshaer Ibrahim Moesa, penerbang pesawat tipe sayap berputar (rotary wing).

Selain itu mpat perwira lainnya  menerima penghargaan Trisura Jalu Wiratama. Penghargaan ini untuk  kelompok prajurit karier TNI, yaitu Letda Hiras Valentinus Manurung (TNI AD), Letda Argyantara Gigih Pradana (TNI AL), Letda Nurdin Satria Putra (TNI AU), dan Letda Ade Ayu Putri Paratien (Wanita TNI AD).

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!