NASIONAL

Menhan Tetapkan 2500 Komcad 2023

"Komponen Cadangan yang dibentuk pada tahun 2023 secara resmi saya nyatakan ditetapkan,"

AUTHOR / Astri Yuanasari

Pelantikan Komponen Cadangan 2023
Atraksi usai Upacara Penetapan Komponen Cadangan 2023, di Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Jabar, Jumat (11/08/23). (Kemhan)

KBR, Jakarta-    Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menetapkan Komponen Cadangan (Komcad) 2023, dalam Upacara Penetapan Komponen Cadangan 2023, di Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Jawa Barat, Jumat (11/8). Komcad adalah sebuah pasukan cadangan militer yang terdiri dari warga negara yang menggabungkan peran militer dengan karier sipil.

"Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim pada hari ini Jumat tanggal 11 Agustus tahun 2023 pukul 09.01 WIB, Komponen Cadangan yang dibentuk pada tahun 2023 secara resmi saya nyatakan ditetapkan," ucap Prabowo saat membacakan amanat Presiden Jokowi, Jumat (11/8/2023).

Komcad disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama yakni Tentara Nasional Indonesia (TNI). Komcad bukan wajib militer karena pendaftarannya dibuka secara sukarela. Penggunaan Komcad hanya pada saat mobilisasi oleh Presiden dengan persetujuan DPR.


Baca juga:

Lantik Perwira Remaja, Panglima Ingatkan Ancaman Biologis hingga AI

- TNI Geruduk Polrestabes Medan, Ini Kata Panglima

Warga negara yang memenuhi syarat dilatih dasar kemiliteran dan diorganisir dengan status tetap sipil. Pada saat digunakan melalui mobilisasi baru berubah menjadi kombatan/militer. Namun, jika di keadaan non aktif Komcad akan menjadi warga negara seperti biasa dengan profesinya baik masyarakat, ASN, mahasiswa, atau lainnya.

Sampai tahun 2022 lalu, Kementerian Pertahanan telah berhasil memiliki Komponen Cadangan sebanyak 6.077 orang. Di tahun 2023 ini, Kemhan kembali menambah jumlah Komcad sebanyak 2.500 orang dari Matra Darat, Laut dan Udara.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!