NASIONAL

Pemerintah Kaji Opsi Lanjutkan BLT El Nino di 2024

"Sebagian besar ataupun hampir seluruhnya minta agar program ini diusulkan kepada Bapak Presiden untuk dilanjutkan ke tahun depan."

AUTHOR / Astri Yuanasari

BLT El Nino
Petugas PT Pos menyerahkan uang tunai kepada penerima BLT El Nino di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Rabu (27/12/2023). ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

KBR, Jakarta - Pemerintah mengkaji opsi untuk melanjutkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino di tahun depan. Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto mengeklaim mendapat masukan untuk melanjutkan program tersebut.

"Ya tentu saja, sebagian besar ataupun hampir seluruhnya minta agar program ini diusulkan kepada Bapak Presiden untuk dilanjutkan ke tahun depan. Nah tentu saya akan bahas dengan Bapak Presiden bahwa program ini, mungkin kita akan selalu program ini seperti pada saat COVID-19 kita berikan tiga bulan kemudian kita evaluasi. Kalau memang tepat sasaran kita lanjutkan lagi," kata Airlangga saat bertemu penerima BLT El Nino di Kantor Pos KCU Jakarta Oceania, Jakarta Barat, Jumat (29/12/2023).

Hingga 21 Desember 2023, pemerintah telah menyalurkan BLT El-Nino Rp6,72 triliun atau 89,36 persen secara nasional. Sisanya sejumlah Rp795 juta masih dalam proses penyaluran.

Airlangga yakin bantuan itu akan rampung disalurkan akhir tahun ini.

Airlangga menyampaikan, pemerintah menyiapkan penyaluran BLT El-Nino ke seluruh daerah selama November-Desember 2023 dengan total anggaran mencapai Rp7,52 triliun.

Program ini menyasar 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), yang masing-masing memperoleh bantuan sebesar Rp200.000 per bulan.

Baca juga:

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!