NASIONAL

Jokowi Yakin BLT El Nino Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

Jokowi mengaku saat ini peningkatan daya beli itu belum terlihat.

AUTHOR / Heru Haetami

BLT El Nino
Presiden Jokowi (tiga dari kiri) usai mengunjuni Pasar Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (27/12/2023). (Foto: BPMI Setpres)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo optimistis Bantuan Langsung Tunai (BLT) bakal meningkatkan daya beli masyarakat. Optimisme itu disampaikan Jokowi usai mengunjungi Pasar Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Bantuan itu disalurkan kepada 18 juta penerima manfaat, dengan besaran 200 ribu rupiah di November dan Desember.

"Bantuan BLT El Nino itu memang untuk menyuntik daya beli rakyat yang terkena kemarin super El Nino karena banyak yang busuk, banyak yang produktivitasnya menurun, sehingga kita harapkan dengan suntikan itu daya beli rakyat bisa menjadi kembali normal," ujar Jokowi, Rabu, (27/12/2023).

Jokowi mengaku saat ini peningkatan daya beli itu belum terlihat.

Namun dia meyakini daya beli masyarakat akan meningkat setelah BLT El Nino selesai disalurkan.

"Setelah penyalurannya selesai akan kelihatan daya beli rakyat akan meningkat seperti apa," ungkap Jokowi.

Total anggaran untuk program BLT El Nino mencapai 7,5 triliun. Hingga 21 Desember 2023, penyaluran BLT El Nino telah mencapai 89 persen.

Baca juga:

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!