NUSANTARA

Paslon Tunggal, KPU Banyuwangi Siapkan Opsi Perpanjangan Pendaftaran

"Kita lakukan perpanjangan masa pendaftaran selama tiga hari."

AUTHOR / Hermawan Arifianto

EDITOR / Rony Sitanggang

Perpanjangan pendaftaran calon tunggal
Demo Forum Penyelamatan Demokrasi Banyuwangi menolak kotak kosong dalam Pilkada 2024, Rabu (21/08/24). (KBR/Hermawan)

KBR, Banyuwangi -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi, Jawa Timur, menyiapkan opsi perpanjangan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati, jika hingga akhir pendaftaran terdapat hanya ada paslon tunggal. Proses pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Banyuwangi, akan dibuka mulai tanggal 27  hingga 29 Agustus 2024. Proses pendaftaran dibuka mulai pukul:08.00-14.00 Wib, sedangkan hari terakhir dibuka hingga pukul: 23.59 wib.

Anggota KPU Banyuwangi, Anang Lukman mengatakan, KPU Banyuwangi sudah siap menerima pendaftaran calon bupati Banyuwangi dan wakil bupati. Anang mengaku, hingga saat ini sudah ada tim sukses pasangan calon bupati yang mengkonfirmasi pendaftarannya, akan tetapi Anang masih merahasiakan siapa paslon tersebut.

"Misalkan dalam penelitian administrasi ternyata hanya satu Paslon yang lengkap dan kita terima tetap kita lakukan perpanjangan masa pendaftaran selama tiga hari. Misalkan selama tiga hari tidak ada yang mendaftar maka kita tetapkan pemilihan bupati Banyuwangi hanya diikuti satu calon,"ujar Anang Lukman Senin (26/8/2024) di Banyuwangi

Komisioner KPU Banyuwangi, Anang Lukman menambahkan, setelah proses pendaftaran selesai, untuk selanjutnya pasangan calon bupati dan wakil bupati Banyuwangi, akan menjalani tes kesehatan. KPU Banyuwangi menunjuk Rumah Sakit Saiful Anwar Malang untuk proses pemeriksaan kesehatan.

Baca juga:

Jika Hanya Calon Tunggal, Posko Pemenangan Kotak Kosong Disiapkan

Wisatawan Gunung Ijen Diimbau Tetap Waspada Potensi Gas Beracun

Sebanyak delapan partai politik  di Banyuwangi  telah mengeluarkan rekomendasi Pilkada Banyuwangi terhadap calon pertahana Ipuk Fiestiandani- Mujiono. Partai tersebut adalah Partai Nasdem, Partai Demokrat, Partai Golkar, PPP, Partai Gerindra, PDIP, PAN dan PKS. 

Sedangkan PKB hingga saat ini belum mengeluarkan rekomendasinya. Namun informasi yang diperoleh KBR, partai besutan Muhaimin. Iskandar ini, akan memberikan rekomendasinya kepada Pasangan KH Ali Maki Zaini - Ali Ruci.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!