NASIONAL

Panglima Janji Tindak Tegas TNI yang Terlibat Politik Praktis

"Saya telah menginstruksikan kepada seluruh personel TNI terkait netralitas"

AUTHOR / Heru Haetami

Netralitas TNI dalam Pemilu 2024
Netralitas, Panglima TNI Yudo Margono saat Raker pengamanan Pemilu 2024,Selasa (07/11/23). (Komisi I DPR)

KBR, Jakarta-  Panglima TNI Yudo Margono mengeklaim telah menginstruksikan personelnya untuk menjaga netralitas TNI. Klaim itu disampaikan Yudo dalam Rapat Kerja terkait pengamanan Pemilu 2024 dengan Komisi I DPR, hari ini.

Yudo mengatakan telah menerbitkan aturan untuk memastikan netralitas itu dijalankan oleh anggota TNI.

"Dalam berbagai kesempatan saya telah menginstruksikan kepada seluruh personel TNI terkait netralitas TNI baik berupa penerbitan regulasi internal tentang netralitas TNI dalam bentuk peraturan Panglima TNI dan sosialisasi regulasi internal TNI yang dilaksanakan secara terus-menerus," kata Yudo dalam rapat, Selasa (7/11/2023).

Panglima TNI Yudo Margono memaparkan aturan itu antara lain, tidak memihak dan tidak memberi dukungan kepada partai politik manapun, peserta paslon yang diusung, serta tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis. Kedua tidak memberikan fasilitas tempat atau sarana dan prasarana milik TNI kepada pasangan paslon dan partai politik untuk digunakan sebagai sarana kampanye.

Kemudian, keluarga prajurit TNI yang memiliki hak pilih atau hak individu selaku warga negara dilarang memberi arahan dalam menentukan hak pilihnya. Lalu keempat tidak memberi tanggapan komentar dan mengupload apapun terhadap hasil quick count sementara yang dikeluarkan oleh lembaga survei.

Baca juga:

    Panglima Yudo juga berjanji menindak tegas prajurit TNI dan PNS di lingkungan TNI yang terbukti terlibat politik praktis memihak dan memberi dukungan partai politik serta pasangan calon yang diusung.

    "Ini saya kira penekanan saya dalam netralitas TNI. Sudah terpasang di seluruh jajaran TNI, di daerah pasti ada di satuan-satuan ini sebagai pedoman awal waktu itu," katanya.


    Editor: Rony Sitanggang

    Komentar

    KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!