NASIONAL

Karir Moncer Agus Subiyanto, Calon Tunggal Panglima TNI

Agus pernah menduduki posisi Komandan Kodim Surakarta pada 2009-2011.

AUTHOR / Shafira Aurel

Karir Moncer Agus Subiyanto, Calon Tunggal Panglima TNI
Agus Subiyanto bersiap dilantik menjadi KSAD di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengajukan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Agus Subiyanto sebagai calon tunggal panglima TNI. Nama Agus diusulkan ke DPR untuk menggantikan Panglima TNI Yudo Margono yang pensiun akhir bulan depan.

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, surat presiden (surpres) mengenai pengajuan nama calon panglima TNI telah dikirimkan ke DPR.

"Kurang lebih mekanismenya itu adalah 20 hari sejak surpres tersebut diterima oleh DPR," kata Puan di Kompleks Parlemen, Selasa (31/10/2023).

Agus Subiyanto baru dilantik sebagai KASAD menggantikan Dudung Abdurachman, Rabu (25/10/2023). Belum genap sepekan menjabat, Agus sudah diajukan sebagai calon tunggal panglima TNI oleh Jokowi.

Sebelumnya, Agus menjabat Wakil KSAD sejak Februari 2022. Agus pernah menduduki posisi Komandan Kodim Surakarta pada 2009-2011, atau saat Jokowi menjabat wali kota Solo.

Dia juga pernah menjabat Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Danpaspampres) pada 2020-2021 saat Jokowi menjadi kepala negara.

Baca juga:

Segudang PR

Kalangan anggota DPR meminta calon panglima TNI bisa meningkatkan profesionalisme para prajurit. Anggota Komisi bidang pertahanan di DPR Dave Laksono mengatakan, ada beberapa permasalahan yang harus diselesaikan.

Mulai dari pendidikan dan kesejahteraan prajurit TNI, hingga mencegah terlibatnya TNI dalam konflik-konflik di masyarakat.

"Lalu juga masalah kesejahteraan prajurit, mulai dari perumahan prajurit, kependidikan keluarganya dan prajuritnya itu sendiri. Meningkatkan profesionalitas dan kualitas tentara kita agar itu semakin setidaknya setara lah dengan negara ASEAN ataupun negara-negara barat. Kita lihat saja tanggung jawab panglima ke depan akan terus membangkitkan atau membangun semangat kepada para prajurit, agar jangan sampai mereka terjebak di dalam dunia yang menyesatkan," ujar Dave kepada KBR, Selasa (31/10/2023).

Dave juga meminta calon panglima TNI menjaga netralitas para prajurit dalam menghadapi Pemilu 2024.

PR penting lain menurutnya, yakni menyangkut perdamaian dan ketahanan di tanah Papua. Kata dia, persoalan di Bumi Cendrawasih menjadi tantangan yang cukup besar.

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!