NASIONAL

Nataru 2023, Bapanas Pastikan Stok Beras Aman

Stok beras berada di angka 7,8 juta ton menjelang Natal dan Tahun Baru.

AUTHOR / Shafira Aurel

Nataru 2023, Bapanas Pastikan Stok Beras Aman
Aktivitas bongkarmuat beras di Pelabuhan Multiguna, Kupang, NTT (20/5/2023). (Foto: ANTARA/Kornelis Kaha)

KBR, Jakarta - Badan Pangan Nasional (Bapanas) menjamin stok beras nasional aman hingga akhir tahun ini. Sekretaris Utama (Sestama) Bapanas Sarwo Edhy mengatakan, stok beras berada di angka 7,8 juta ton menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Dia mengeklaim jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Yang pertama berkaitan dengan prognosa neraca pangan nasional. Periode Desember 2023 untuk beras sampai dengan akhir Desember prediksi stok akhir sampai dengan akhir Desember itu ada 7,8 juta ton atau cukup untuk 95 hari kalender, cukup sampai panen berikutnya," ujar Edhy dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi tahun 2023, Senin (20/11/2023).

Meski terjadi kenaikkan harga beras di beberapa wilayah, dia menjamin kondisi itu tidak berpengaruh pada ketersediaan pasokan.

Dia juga mendorong impor 3,5 juta beras di tahun ini segera direalisasi.

Baca juga:

Sebelumnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, impor beras 3,5 juta ton di tahun ini dilakukan demi menjaga stabilisasi harga dan pasokan beras jelang akhir tahun dan pesta demokrasi menjelang Pemilu 2023.

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!