NASIONAL

Menkominfo Budi Arie Sebut Empat Fokus Garis Besar Pekerjaannya

Budi menegaskan, siap mengeksekusi konten-konten di media sosial yang meresahkan masyarakat.

AUTHOR / Astri Septiani

Menkominfo
Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi (tengah) menyatakan siap mengeksekusi konten-konten meresahkan, 17 Juli 2023. (Foto: Youtube Kementerian Kominfo RI)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo memerintahkan agar penyelesaian proyek pembangunan menara Base Transceiver Station atau BTS 4G menjadi prioritas. Penyelesaiannya merupakan tugas berat bagi Menteri Kominfo dan Wakil Menteri Kominfo yang baru saja dilantik.

"Di Kominfo penyelesaian BTS itu harus diutamakan. Penyelesaian hukum silakan berjalan, kita hormati proses hukum tetapi penyelesaian BTS nya juga harus tetap berjalan karena nanti menyangkut pelayanan kepada masyarakat terutama di daerah-daerah terdepan dan tertinggal. Jangan sampai kita sudah ada peristiwa hukum BTS-nya juga terbengkalai. Ini yang saya enggak mau. Ini tugas beratnya di situ," kata Jokowi ujar pelantikan di Istana Negara, Senin (17/7/23).

Presiden Jokowi juga meminta Menteri dan Wakil Menteri Kominfo segera merampungkan kedaulatan data yang berkaitan dengan artificial intelligence atau kecerdasan buatan, frekuensi, hingga satelit.

Nantinya, menurut Jokowi, Menteri dan Wakil Menteri Kominfo juga akan dibantu dengan Satgas untuk mempercepat penyelesaian masalah-masalah tersebut.

Jokowi menambahkan, Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria dengan latar belakang profesinya dinilai mampu membantu kerja cepat Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi.

Sementara itu, menanggapi harapan Presiden Jokowi, Menteri Kominfo yang baru saja dilantik, Budi Arie Setiadi menyatakan siap melakukan gerak cepat dan menjalankan perintah Presiden Jokowi.

Budi menegaskan, siap mengeksekusi konten-konten di media sosial yang meresahkan masyarakat. Menkominfo menyampaikan empat garis besar fokus pekerjaannya, termasuk membangun dan mengembangkan ekosistem digital.

"Yang pertama, infrastruktur digital. Yang kedua, pengendalian terhadap platform-platform yang meresahkan masyarakat, dari mulai hoax, radikalisme. Yang ketiga adalah membangun dan mengembangkan ekosistem digital. Dari mulai e-commerce, perlindungan data pribadi dan lainnya. Dan yang keempat, bagaimana membangun narasi damai Pemilu Damai 2024. itu fokusnya, jadi nanti mana yang mau dikerjakan, itulah garis besarnya," tutur Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi saat Konferensi Pers Serah Terima Jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika (17/7/2023).

Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi menambahkan, salah satu prioritas kerjanya adalah menuntaskan proyek pembangunan menara base transceiver station atau BTS 4G.

Proyek BTS 4G di Kementerian Kominfo sempat diselewengkan di era Menteri Kominfo Johnny G Plate.

Baca juga:

- Korupsi BTS, Ini Alasan Jaksa Minta Hakim Tolak Nota Keberatan Plate

- Menpora Dito Ariotedjo Diperiksa Kejagung, Jokowi: Hormati Proses Hukum

Pertengahan Mei lalu, Kejaksaan Agung menetapkan bekas Menteri Kominfo Johnny G Plate sebagai tersangka kasus korupsi pembangunan menara BTS 4G. Kasus itu merugikan negara Rp8 triliun.

Editor: Fadli

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!