NASIONAL

Menkeu: Pilkada Serentak Berdampak Positif ke Konsumsi Masyarakat

Aktivitas konsumsi diperkirakan juga akan mendapatkan imbas positif

AUTHOR / Astri Septiani

EDITOR / Wahyu Setiawan

Hasil rapat KSSK
Menteri Keuangan Sri di Kantor LPS, Jakarta, Jumat (2/8/2024). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

KBR, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yakin Pilkada Serentak 2024 akan berdampak positif terhadap perekonomian dalam negeri. Sama seperti pemilu Februari lalu, pilkada diprediksi akan membawa dampak positif terhadap aktivitas belanja pemerintah hingga konsumsi masyarakat.

"Selain belanja penyelenggaraan pilkada itu jumlahnya hampir comparable dengan pemilu, dalam hal ini ya jumlah yang harus dilakukan baik untuk KPU dan Bawaslu untuk menyelenggarakan Pilkada Serentak di seluruh Indonesia. Juga aktivitas konsumsi diperkirakan juga akan mendapatkan imbas positif," kata Sri Mulyani usai rapat KSSK III Tahun 2024 di Kantor LPS, Jakarta, Jumat (2/8/2024).

Baca juga:

Sri Mulyani juga yakin peningkatan aktivitas perekonomian domestik masih akan berlanjut hingga akhir tahun ini. Dia mengatakan, situasi itu perlu dijaga dan didukung.

Dari segi fiskal, kebijakan untuk pelaksanaan APBN 2024 terutama dari sisi belanja pemerintah akan terus difokuskan untuk menjaga stabilitas harga. Sebab konsumsi masyarakat yang menjadi motor penggerak, penting di dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Kata dia, pemerintah juga akan menjalankan program perlindungan sosial terutama bagi masyarakat rentan.

"Dan dengan demikian kita berharap dampak terhadap daya beli dan konsumsi masyarakat bisa dijaga," tambahnya.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!