NASIONAL

Kenaikan Anggaran di Kementerian Pertahanan Dinilai Tak Wajar

Karena menteri pertahanan menjadi salah satu kandidat presiden dalam pemilu yang akan datang.

AUTHOR / Hoirunnisa

Menhan Prabowo serahkan 8 helikopter H225M
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat pertemuan tingkat menteri pertahanan ASEAN (ADMM) ke-17 di JCC, Jakarta, Rabu (15/11/2023). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

KBR, Jakarta - Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Sektor Keamanan menilai kenaikan anggaran Kementerian Pertahanan (Kemhan) di tahun 2024 tidak wajar. Anggota koalisi yang juga Direktur Imparsial Gufron Mabruri mendorong kenaikan anggaran itu dikaji ulang.

"Kita hari ini sedang ada di tahun politik, jadi saya khawatir kenaikan tersebut bukannya untuk memperkuat pertahanan kita, tetapi digunakan sebagai alat konsolidasi dukungan militer dalam konteks politik elektoral. Karena menteri pertahanan menjadi salah satu kandidat presiden dalam pemilu yang akan datang," ujar Gufron kepada KBR, Minggu (3/12/2023).

Gufron menyebut, kenaikan anggaran di Kemhan secara tiba-tiba dalam jumlah yang fantastis merupakan hal yang tidak wajar.

Apalagi, kenaikan anggaran ini terjadi pada kementerian yang dipimpin calon presiden yang berpasangan dengan anak dari Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga:

Gufron menilai, kenaikan anggaran Kemenhan bukan sesuatu yang mendesak dan dibutuhkan rakyat di tengah masih tingginya kemiskinan dan pengangguran.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyepakati perubahan anggaran untuk belanja alutsista di Kementerian Pertahanan. Anggaran Kementerian Pertahanan untuk tahun 2020-2024 naik dari 20,75 miliar USD menjadi 25 miliar USD atau setara Rp380-an triliun.

Kenaikan itu cukup signifikan, karena ada pinjaman luar negeri yang nilainya setara Rp61,58 triliun rupiah.

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Margret Marita 9 months ago

    HALO,APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN PINJAMAN? JIKA YA Email: margretmarita@gmail.com: UNTUK PINJAMAN HARI INI, KITA BERADA DI LAYANAN ANDA. Layanan ini memberikan dukungan finansial kepada individu,Pengusaha dan wanita dalam bisnis. Jika anda berminat, silahkan hubungi kami sekarang via email: margretmarita@gmail.com : Kami siap melayani anda: Hubungi: margretmarita@gmail.com : untuk pinjaman Anda hari ini, kami siap melayani Anda. https://margretmarita.wixsite.com/mysite/services