NASIONAL

Menhan Prabowo Serahkan 8 Unit Helikopter H225M ke TNI AU

"Delapan unit ini belum seberapa dengan kebutuhan kita, karena luas wilayah kita sangat luas,"

AUTHOR / Rangga Sugeri

Menhan Prabowo serahkan 8 helikopter H225M
Menhan Prabowo Subianto menyerahkan 8 helikopter dan peresmian simulator H225M di Lanud Atang Sendjaja, Bogor, Jabar, Jumat (01/12/23). (Kemenhan)

KBR, Jakarta- Menteri Pertahanan RI (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan delapan unit helikopter H225M kepada TNI Angakatan Udara (AU) di Lanud Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat. Penyerahan ini diserahkan secara langsung kepada Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo guna memberikan peralatan terbaik bagi TNI AU untuk memperkuat Angkatan Udara melalui alutsista yang canggih dan modern.

“Hari ini kita melihat penyerahan delapan helikopter. Delapan unit ini belum seberapa dengan kebutuhan kita, karena luas wilayah kita sangat luas, dan mereka-meraka yang akan menjadi awak helikopter ini mempertaruhkan nyawanya,” kata Menhan Prabowo Subianto dalam sambutannya pada acara penyerahan helikopter dan peresmian simulator H225M yang dipantau dari kanal YouTube Kemhan RI, Jumat (1/12/2023).

Prabowo juga mengatakan bahwa helikopter H225M ini buatan Prancis bekerja sama dengan PT. Dirgantara Indonesia ini dan menandai kerja sama jangka panjang dengan Airbus. Kerjasama jangka panjang ini mengarah kepada Indonesia nantinya harus memproduksi sendiri helikopternya dan juga bekerja sama dengan negara lain.

Dia juga menyebutkan bahwa jumlah ideal helikopter H225M masih terus dikaji dan menyesuaikan dengan kemampuan Indonesia, dan harus dipahami bahwa luas wilayah Indonesia sangat luas jadi kita sesuaikan dengan kondisi Indonesia.

Baca juga:

- Prabowo: Kawasan Asia Tenggara Paling Aman di Dunia

- Jokowi Perintahkan Menhan Gerak Cepat Memetakan Informasi Intelijen

Menhan Prabowo memimpin langsung prosesi penyiraman air kembang dan pemecahan kendi ke   helikopter H225M.

Airbus Helicopters H225M merupakan helikopter serbaguna.  Dikutip dari situs Airbus,  pesawat berbobot 11 metrik ton andal  dalam kondisi pertempuran dan area krisis seperti Lebanon, Afghanistan, Chad, Pantai Gading, Republik Afrika Tengah, Somalia, dan Mali. Helikopter ini juga digunakan  mendukung operasi pimpinan NATO di Libya.

H225M telah digunakan berbagai negara seperti  Perancis, Brasil, Meksiko, Malaysia, Kuwait, Singapura, Hongaria,   Thailand, dan Indonesia.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!