NASIONAL

Jenazah Pebulu Tangkis Zhang Belum Diambil di RS Sardjito

Saat ini kakak Zhang Zhi Jie sudah datang ke Yogyakarta.

AUTHOR / Ken Fitriani

EDITOR / Sindu

Jenazah Pebulu Tangkis Zhang Belum Diambil di RS Sardjito
Ilustrasi: Raket bulu tangkis.

KBR, Yogyakarta- Jenazah pebulu tangkis Cina Zhang Zhi Jie hingga Selasa petang, 2 Juli 2024, belum diambil di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito Yogyakarta. Zhang, sebelumnya meninggal saat bertanding di GOR Amongrogo Yogyakarta, Minggu, (30/6/2024)

Kepala Bagian Hukum, Organisasi, dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan mengatakan, pihak rumah sakit tidak melakukan tindakan apa-apa terhadap jenazah pebulu tangkis asal Cina tersebut. Kata dia, jenazah Zhang dimasukkan ke ruang pendingin di Instalasi Kedokteran Forensik sampai orang tua atau keluarga mendiang datang.

"Tidak ada tindakan apa-apa, karena kami sifatnya adalah juga menunggu kedatangan orang tua dari Cina untuk bisa melihat secara utuh atlet kita ini, supaya bisa melihat kondisi yang riil," katanya kepada wartawan di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Selasa, (2/7/2024).

Banu menjelaskan, saat ini kakak Zhang Zhi Jie sudah datang ke Yogyakarta. Namun, sang kakak juga ingin menunggu kedua orang tuanya datang untuk bersama-sama menjemput jenazah Zhang di rumah sakit.

"Yang datang (ke Yogya) baru kakak almarhum, sehingga belum bisa mengambil keputusan apa pun, kakaknya juga tidak bersedia hadir (ke rumah sakit) jika tanpa orang tuanya," ujarnya.

red
Ruang autopsi forensik RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Selasa, (2/7/2024). (Foto: KBR/Ken).

Koordinasi

Saat ini, RS Sardjito terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait pemulangan jenazah Zhang ke Cin. Koordinasi dilakukan dengan keluarga, konsulat, dan PBSI.

"Belum tahu (dikremasi atau dipulangkan). Masih menunggu keputusan dari keluarga. Yang jelas, kami tidak sendiri, kamu dibantu penuh oleh Kementerian Kesehatan apabila keluarga ingin jenazah dipulangkan, tapi kami juga belum tahu. Komunikasi dengan keluarga dijembatani oleh konsulat,” pungkasnya.

Zhang Zhi Jie (17) meninggal saat bertanding melawan atlet asal Jepang, Kazuma Kawano di BNI Badminton Asia Junior Championship 2024, Minggu, (30/6/2024).

Saat itu, Zhang tiba-tiba jatuh terkapar, kejang-kejang, dan tidak sadarkan diri. Zhang sempat dilarikan ke RS Hardjolukito, dan diteruskan ke RSUP Dr Sardjito, namun nyawanya tidak tertolong dan dinyatakan meninggal, Minggu, (30/6/2024), pukul 23:20 WIB.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!