NASIONAL

Jelang Hari Gim Nasional, Delapan Gim Lokal Akan Dipromosikan

Bakal dibukakan akses pasar melalui penyediaan pasar khusus bagi gim dan promosi di lokapasar.

AUTHOR / Hoirunnisa

EDITOR / R. Fadli

gim lokal
Ilustrasi - Game Lokapala. (Foto: ANTARA/Google Play Store)

KBR, Jakarta - Kementerian Perdagangan berkomitmen mendorong percepatan pengembangan industri gim nasional.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Isy Karim mengatakan, bakal membuka akses pasar melalui penyediaan pasar khusus bagi gim dan promosi di lokapasar.

Hal itu merupakan amanat Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Game Nasional.

"Sesuai dengan Perpres tadi, amanat yang diberikan kepada Kemendag adalah sebagai penanggung jawab program peningkatan pembukaan akses pasar gim nasional, melalui dua kegiatan yaitu penyediaan captive market bagi produk gim nasional dan sinergi promosi dengan e-commerce Indonesia," ujar Isy dalam Konferensi Pers Hari Gim Indonesia, Jumat (19/7/2024).

Isy juga menyebut, dalam upaya itu, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Isy menyebut pihaknya telah melakukan kurasi terhadap 28 gim lokal. Yang kemudian, dipilih 8 gim nasional yang akan dibantu promosinya. Diantaranya Paw Rumble, Lokapala, Epic Conquest, Marbel TK/Paud, Selera Nusantara, Warteg Gelora, Where is My Cat dan Dadoo.

Promosi untuk delapan gim terpilih akan berlangsung mulai 8 Agustus hingga akhir tahun 2024.

"Adalah 8 game yang terpilih, yang sudah dilakukan kurasi. Ini mudah-mudahan kedepan juga akan lebih memberikan motivasi terhadap pengembang-pengembang lain untuk lebih aktif lagi, lebih kreatif lagi untuk mengembangkan game-game nasional," kata Isy.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kemenparekraf, Kurleni Ukar mengatakan, salah satu upaya membuka pasar adalah dengan mengimbau promosi BUMN dan perusahaan lokal beralih menggunakan hak kekayaan intelektual gim nasional.

"Perusahaan-perusahaan lokal, BUMN, yang biasa menggunakan hak kekayaan intelektual gim-gim asing menjadi gim-gim lokal sehingga terjadi penyerapan hak kekayaan intelektual nasional oleh kementerian/lembaga milik pemerintah dan BUMN dan swasta sebesar 25 persen dari jumlah yang sekarang ini digunakan untuk aktivasi dan kampanye pemasaran di pemerintah maupun di BUMN dan perusahaan-perusahaan lokal," ujar Kurleni (19/7/2024)

Kemenparekraf mencatat, jumlah pemain gim di Indonesia 174 juta orang pada 2022. Angka ini mencapai 63 persen dari total keseluruhan penduduk. Namun jumlah tersebut tidak sebanding dengan pasar gim nasional di Indonesia sendiri. Gim lokal hanya menguasai setengah persen dari pasar gim di Indonesia.

Baca juga:

Sandiaga Pastikan Iklim Investasi Parekraf Terjaga di Tahun Politik

Pamer Capaian 2023, Sandiaga Dorong Parekraf Berwawasan Hijau

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!