NASIONAL

Japinda, Jokowi Dorong Peningkatan Investasi dan Alih Teknologi

"Agar lebih banyak lagi tenaga terampil Indonesia yang bisa masuk ke Jepang,"

AUTHOR / Astri Septiani

Presiden Jokowi di Jepang
Presiden Jokowi saat jamuan minum teh Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako di Istana Kekaisaran, Tokyo, Jepang, Senin, (181223). (Setpres)

KBR, Jakarta-  Presiden Joko Widodo bertemu  dengan Presiden Japan-Indonesia Association (Japinda), Fukuda Yasuo, saat berkunjung di Tokyo, Jepang, pada Senin, 18 Desember 2023. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi berharap Japinda dapat terus mendukung peningkatan investasi dan alih teknologi di sektor ekonomi masa depan seperti transisi energi dan juga ekonomi digital. 

Jokowi juga berharap Japinda membantu meningkatkan kualitas SDM di Tanah Air.

"Agar lebih banyak lagi tenaga terampil Indonesia yang bisa masuk ke Jepang," kata Jokowi, Senin (18/12/23).

Jokowi mengapresiasi JAPINDA yang dinilai telah banyak membantu mempromosikan kerja sama di bidang ekonomi. 


Baca juga:

Presiden Jokowi  berharap pelaku usaha di Jepang juga dapat memanfaatkan berbagai kesepakatan baru dalam kerangka Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJ-EPA). Mulai dari eliminasi tarif produk ikan olahan Indonesia hingga perluasan akses pasar perbankan.

"Saya yakin dengan dukungan konkret dari Japinda, kemitraan strategis komprehensif Indonesia dan Jepang akan semakin erat dan berkelanjutan," tambahnya.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!