NASIONAL

Jaga Nataru 2024, Polri Kerahkan 100 Ribu Personil

"Mengedepankan kegiatan pencegahan didukung dengan deteksi dini, dan penegakan hukum dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru."

AUTHOR / Shafira Aurel

Nataru 2024
Ilustrasi: PT KAI membuka penjualan tiket kereta api untuk periode Nataru 2024 di Stasiun Senin, Rabu (08/11/23). (Antara/Rifqi Raihan)

KBR, Jakarta -  Kepolisian akan menggelar operasi Lilin untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. 
Kepala Biro Pembinaan Operasional (Karobinopsnal) Baharkam Polri  Makhruzi Rahman mengatakan operasi ini akan mengedepankan kegiatan pencegahan deteksi dini dan penegakan hukum. 

Kata dia, dalam operasi ini Kepolisian menerjunkan sebanyak 101.092 personel. Ia menyebut fokus pengamanan operasi ini berada pada pengamanan tempat-tempat ibadah, jalur wisata dan jalur mudik.

"Operasi lilin 2023 akan digelar selama 12 hari. Mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai tanggal 2 Januari 2024. Dengan mengedepankan kegiatan pencegahan didukung dengan deteksi dini, dan penegakan hukum dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru. Sehingga masyarakat dapat merayakan dengan aman, nyaman, dan selamat," ujar Brigjen. Pol. Makhruzi Rahman, dalam Dialog Publik Kesiapan Polri Jelang Nataru 2023, Rabu (29/11/23).

Kepala Biro Pembinaan Operasional (Karobinopsnal) Baharkam Polri Brigjen. Pol. Makhruzi Rahman menambahkan pada perayaan natal dan tahun baru 2024 gangguan terorisme masih menjadi potensi dengan kerawanan tertinggi. Untuk itu ia menyebut pihaknya juga telah menyiapkan upaya antisipasi dengan melibatkan beberapa pihak terkait.

“Potensi ancaman dan gangguan kamtibmas serta beberapa permasalahan sosial lainnya seperti kejahatan konvensional, narkoba, penyalahgunaan Medsos, konflik sosial, aksi terorisme dan bencana alam diperkirakan masih akan terjadi, sehingga menuntut dilakukannya langkah antisipasi dan penanganan secara komprehensif dan terpadu dengan melibatkan semua stakeholder terkait,” ucapnya.

Baca juga:

- Menhub: Naik 143 Persen, Pergerakan Masyarakat Saat Nataru

- Libur Nataru, Pergerakan Wisatawan Diperkirakan Meningkat 5 Persen

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan, puncak arus mudik dan balik saat libur Natal dan Tahun Baru, bakal terjadi dua sesi.

Menhub menyebut, pergerakan masyarakat saat musim libur Nataru 2023/2024 diperkirakan lebih dari 107 juta orang. Angka ini naik 143 persen bila dibandingkan Nataru tahun lalu.

"Kita memperkirakan puncak mudik itu pada tanggal 22-23 Desember dan puncak arus balik Natal pada 26-27 Desember. Sedangkan puncak arus mudik Tahun Baru pada 29-30 Desember dan baliknya pada 1 sampai 2 Januari, nah dengan terpecah dua ini memang mungkin Nataru tidak seberat Lebaran," ujar Budi Karya dalam Raker di Komisi V DPR, Selasa (21/11/2023).

Menhub menambahkan, kementeriannya sudah mengantisipasi lonjakan arus mudik dan balik saat musim libur Nataru. Diantaranya dengan menyiapkan 46 ribu bus; 206 kapal laut; 1.700-an kereta api; dan 444 pesawat.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!