NASIONAL

Ini Penyebab Ikan Indonesia Tak Tembus Pasar Eropa

"Satu ekor ikan pun kenapa nggak bisa diekspor ke Eropa. Sementara kita impor salmon,"

AUTHOR / Heru Haetami

ikan
Ikan tangkapan nelayan Aceh di Pelabuhan Samudera, Banda Aceh, Sabtu, (11/4/2020) (FOTO: ANTARA)

KBR, Jakarta- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengungkap penyebab ikan hasil tangkap Indonesia sulit masuk pasar Eropa. Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, penangkapan yang tidak terukur membuat tak satupun ikan dari laut Indonesia mampu menembus pasar Eropa

Hal itu diungkap Trenggono dalam Konferensi Pers "Outlook Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)", hari ini.

"Saya memang sudah dengar, ketemu dengan beberapa otoritas di Eropa, even satu ekor ikan pun kenapa nggak bisa diekspor ke Eropa. Sementara kita impor salmon. Kita kenapa nggak bisa terus. Mereka selama ini tidak terus terang. Ternyata di Jepang itu saya dapat informasinya, cara penangkapannya di Indonesia masih barbar," kata Trenggono di KKP, Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Baca juga:

Sakti Wahyu Trenggono menyebut, beberapa negara melakukan penangkapan ikan berbasis kuota. Tujuannya untuk menjaga keberlangsungan ikan, serta menjaga ekosistem laut.

Itu sebab, kata dia, pemerintah telah menyusun aturan terkait penangkapan ikan secara terukur dan memerhatikan pelindungan ekologi.

"Inilah kemudian yang mendasari selama dua tahun kita merancang suatu kebijakan untuk menjaga biota kelautan kita, atau menjaga populasi perikanan kita itu tetap benar-benar terjaga dengan baik. Itulah kemudian keluar yang namanya penangkapan ikan secara terukur berbasis kuota," pungkasnya.

Editor: Muthia Kusuma

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!