NASIONAL

Harga Daging Ayam Diprediksi Terus Naik Hingga Ramadan

Secara nasional, rata-rata harganya menembus Rp37.258 per kilogram.

AUTHOR / Shafira Aurel

Harga Daging Ayam Diprediksi Terus Naik Hingga Ramadan
Ilustrasi: Aktivitas pedagang daging ayam ras di Pasar Besar, Malang, Jawa Timur, Rabu (2/8/2023). Inflasi di Kota Malang tertinggi se-Jawa Timur. Foto: ANTARA

KBR, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan harga daging ayam ras bakal terus naik hingga Ramadan atau Maret mendatang. Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini mengatakan, kenaikkan harga sudah terjadi secara bertahap sejak awal Januari 2024.

Secara nasional, rata-rata harganya menembus Rp37.258 per kilogram. Padahal pemerintah menetapkan harga acuan penjualan (HAP) daging ayam ras di peternak sebesar Rp21.000-Rp23.000 per kilogram.

"Daging ayam ras jika dibandingkan harganya dengan Bulan Desember pada minggu keempat ini mengalami kenaikan harga sebesar 3,10 persen. Bahwa kenaikan harga daging ayam ras yang tinggi ini sebagian besar terjadi di Sumatra, kemudian juga di Pulau Kalimantan," ujar Pudji dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah 2024, Senin (29/1/2024).

Pudji Ismartini mengatakan perlu langkah antisipasi yang tepat dalam mengendalikan harga. Sehingga tidak terjadi lonjakan harga saat Ramadan dan menjelang Idulfitri.

Baca juga:

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!