NASIONAL

Ganjar Pranowo Ingatkan Pemda untuk Cegah Konflik Politik pada Pemilu 2024

"Pemda harus lebih proaktif lagi untuk turun ke bawah berkomunikasi dengan masyarakat"

AUTHOR / Shafira Aurel

Pemda cegah konflik
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat daring Pemantapan Koordinasi Tim Terpadu Pengawasan Ormas, Kemendagri, Selasa (01/08/23). (Ditjenpol)

KBR, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meminta jajarannya aktif turun ke masyarakat untuk mencegah konflik pada Pemilu 2024.

Ganjar mengatakan kerawanan konflik menjelang pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah harus menjadi perhatian serius dan diminimalisasi sejak awal. Karena itu ia mendorong pemerintah kabupaten/kota bersama pihak terkait bekerja sama untuk memperkuat peran dan fungsi dalam menekan konflik politik pada seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga:

"Pemda harus lebih proaktif lagi untuk turun ke bawah berkomunikasi dengan masyarakat, dan tentu saja Polri, TNI, BIN, BINDA, dan unsur itelijen lainnya yang memantau terus menerus apa yang terjadi," ujar Ganjar, dalam Webinar bertajuk 'Pemantapan Koordinasi Tim Terpadu Pengawasan Organisasi Kemasyarakatan dalam Menjaga Stabilitas Sosial Politik, Keamanan, Ketenteraman dan Ketertiban Umum', Selasa (1/8/2033).

Baca juga:

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menambahkan organisasi masyarakat (ormas) berperan penting dalam mengawal keberlangsungan pesta demokrasi. Hal itu dapat memperluas jaringan pemantauan pilkada untuk meningkatkan kesadaran berpolitik yang demokratis.

Editor: Muthia Kusuma

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!