NASIONAL

Dua Pasangan Capres dan Cawapres Daftar ke KPU pada Hari Pertama

“200 orang yang dihalaman itu, harus didaftarkan by name."

AUTHOR / Muthia Kusuma Wardani

KPU
Ilustrasi Kantor KPU RI di Menteng, Jakarta Pusat.

KBR, Jakarta- Dua pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden siap mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari pertama, Kamis (19/10/23)

Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Pendaftaran Capres dan Cawapres untuk Pemilu 2024, pendaftaran dibuka pada 19-25 Oktober 2023 di Kantor KPU RI, Jakarta.

Dilansir dari rilis KPU, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) dijadwalkan tiba ke kantor Komisi Pemilu Umum (KPU) pukul 08.00 WIB. Kemudian disusul pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang mendaftar pada pukul 11.00 WIB.

KPU mengingatkan massa pendukung paslon capres dan cawapres dibatasi. Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari mengatakan, jumlah pengunjung yang masuk ke KPU hanya 30 orang, sedangkan massa yang menunggu di halaman sejumlah 200 orang.

“200 orang yang dihalaman itu, harus didaftarkan by name. Karena semua nanti begitu masuk kan pakai kartu ID,” kata Hasyim di Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Baca juga

KPU menggandeng Kepolisian untuk pengamanan. Sebanyak 2.000 personel disiagakan untuk mengawal pendaftaran tersebut.

KPU juga menyebut telah berkomunikasi dengan tim dari masing-masing koalisi partai.

"Kami sudah koordinasi terkait batasan-batasan yang diberlakukan, ketentuan yang diberlakukan sudah kami komunikasikan," sambungnya.

Baca juga:

Juru bicara Anies Baswedan, Sudirman Said mengatakan, persiapan Anies-Muhaimin akan dilakukan sejak subuh. Amin akan konvoi mengunjungi kantor partai anggota Koalisi Perubahan. Di antaranya Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sudirman mengeklaim pasangan Amin akan dikawal oleh 20.000 orang, termasuk massa partai.

"Saya ingin sampaikan permohonan maaf kepada warga Jakarta yang mungkin besok sedikit agak terganggu karena penuhnya massa dan juga terimakasih atas pengertian ini," kata Sudirman dalam konferensi pers di Rumah Koalisi Perubahan, Jakarta, Rabu (18/10).

Di lain pihak, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD menyatakan siap dan menyanggupi persyaratan calon presiden dan wakil presiden oleh KPU. Pasangan ini resmi diusung PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo. 

Dikutip dari Antara, sebanyak 40.000 relawan, simpatisan dan kader partai pengusung Ganjar-Mahfud akan mengiringi pendaftaran ke kantor KPU, Kamis siang. 

Wakil Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Presiden (TKRPP) Adian Napitupulu menyebut, para relawan juga sukarela memberikan bantuan obat-obatan, pengerahan ambulans hingga logistik. 

"Dan yang bikin saya terharu adalah para relawan bukan hanya bersemangat ingin mengantar langsung calon pemimpin mereka ke KPU, tapi juga bersedia bergotong royong untuk mendukung acara tersebut. Semangat gotong royong merupakan tradisi bangsa Indonesia yang hingga kini terus dirawat dan dijalankan oleh PDI Perjuangan," ucap Adian melalui keterangan persnya, Rabu (18 /10/2023) malam.

Setelah pendaftaran, KPU menjadwalkan agenda pemeriksaan kesehatan untuk pasangan capres dan cawapres. Pemeriksaan kesehatan dilakukan pada Sabtu, (21 /10/2023) untuk paslon yang mendaftar pertama. Disusul pemeriksaan kesehatan paslon kedua pada Minggu, (22/10/2023).

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!