NASIONAL

Diskon Tarif Tol Berakhir Besok, Pemerintah Imbau Mudik Hari ini

'Sebaiknya berangkat mudiknya hari ini sampai nanti malam, memanfaatkan diskon dan juga menghindari terjadinya kemacetan"

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

Arus mudik 2024
Mudik 2024, tol fungsional Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Kapal Betung Segmen Musi Landas di Banyuasin, Sumsel, Selasa (02/04/24). (Antara/Nova W)

KBR, Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengimbau masyarakat yang sudah siap mudik untuk berangkat hari ini hingga malam nanti.

Di samping untuk menghindari kemacetan puncak mudik yang diperkirakan terjadi 6-8 April, masyarakat juga masih berkesempatan memperoleh diskon tarif tol sebesar 20 persen yang diberlakukan terhitung sejak 3-5 April 2024. Diskon tariff tol itu bakal berakhir Jumat, 5 April pukul 05.00 WIB.

“Kebijakan diskon untuk menggunakan jalur tol sampai Kalikangkung akan berlaku sampai besok jam 5 pagi. Karena itu kepada para pemudik agar nanti tidak ikut berdesak-desakkan saat puncak mudik, kalau sudah siap, sebaiknya berangkat mudiknya hari ini sampai nanti malam, memanfaatkan diskon dan juga menghindari terjadinya kemacetan-kemacetan pada saat puncak mudik yang diperkirakan tanggal 6-8 April,” ucap Muhadjir saat meninjau Posko Command Center Korlantas, dipantau via kanal Youtube, Kamis (4/4/2024).

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sudah meningkatkan kemampuan untuk monitoring dengan adanya drone yang menjangkau radius hingga 20 kilometer.

“Sehingga kemacetan-kemacetan yang informasinya terpenggal karena CCTV yang tidak bisa meng-coverage seluruh keadaan nanti dibantu oleh drone yang memiliki kemampuan 20 kilo tersebut,” ujarnya.

Lanjutnya, Korlantas sudah berupaya melakukan rekayasa jalur di lokasi kejadian longsor di jalur Tol Bocimi (Bogor, Ciawi, Sukabumi) pada Rabu (04/04) yang sangat mengganggu perjalanan mudik.

Baca juga:

Menko PMK Muhadjir menambahkan sudah disiapkan jalur fungsional Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan sepanjang 8,5 kilometer apabila nanti ada rekayasa lalu lintas contraflow ketika masuk Jakarta.

“Kalau nanti contraflow-nya hanya menyisakan satu jalur ditambah satu bahu jalan jadi hanya dari arah Bandung-Jakarta hanya menyisakan satu jalur, satu bahu itu nanti jalur tol fungsional Japek II Selatan akan dibuka. Mudah-mudahan itu akan bisa lebih mempermudah, memperlancar, terutama mereka-mereka yang akan mudik dari Bandung ke Jakarta,” jelasnya.

Berdasarkan survei Kemenhub, sebanyak 71,7 persen warga Indonesia atau 193 juta orang akan mudik pada Lebaran 2024. Dari survei tersebut, lebih 100 juta orang diprediksi menggunakan jalur darat, dengan rincian bus 37,5 juta orang, mobil pribadi 35.42 juta orang, dan motor 31,12 juta orang.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!